Pesona Negeri

Biker, Traveller, Culinary, and Photography

Facebook
RSS

Menikmati keindahan kota Yogjakarta tidak hanya pada waktu siang hari, tapi juga bisa waktu malam hari. Kita juga dapat menikmati keindahan lampu-lampu kota Yogyakarta di daerah dataran tinggi yang letaknya tak jauh dari kota Yogyakarta yaitu di Gunung Kidul. Namun tak lengkap rasanya bila kita berkunjung ke Gunung Kidul tanpa menikmati kelezatan makanan daerah ini. Bakmi Jowo Gunung Kidul adalah salahsatu makanan yang layak di coba di daerah ini. Di kota Wonosari, akan banyak dijumpai warung-warung di pinggir jalan yang menjual bakmi Jowo, dengan keunikan memajang ayam yang digantung di depan warung. Kami sendiri mencoba di salahsatu penjual bakmi di Wonosari yaitu Bakmi Jowo mbah Wito.

Di warung sederhana ini tampak p. Suyanto menjaga warung ini, pak Suyanto sendiri merupakan anak mbah Wito. Mbah Wito sudah berusia sepuh dan sering sakit-sakitan sehingga sudah tidak memungkinkan untuk ikut menjaga di tempat ini. Menurut cerita p. Suyanto, mbah Wito dulunya merupakan pelopor penjual bakmi jowo di Gunung kidul, hal ini juga terlihat dalam tulisan di banner yang di pasang ditempat ini.

Bakmi gunung kidul masih mempertahankan cara memasak secara tradisional dengan menggunakan arang sebagai bahan bakarnya, dimasak di atas anglo benar-benar membuat sensasi tersendiri, malah menurut beberapa orang rasanya lebih enak dibandingkan dengan dimasak di atas kompor biasa.

 wonosari_bakmi_jowo_mbah_wito_masak

Kami sendiri memesan bakmi godog yang terbuat dari mie kecil yang dicampur dengan bihun, telor, sawi dan tentunya dengan ayam yang dipotong kecil-kecil. Slrruup… benar-benar nikmat makan bakmi godog dengan kuah yang panas di malam hari, apalagi di dataran tinggi dengan hawa yang dingin. Dan harganya juga cukup murah hanya Rp 10,000 rupiah anda sudah bisa menikmati makanan ini.

 wonosari_bakmi_jowo_mbah_wito_bakmi_godog

Selain bakmi godog, anda juga bisa memesan menu yang lain seperti nasi goreng, bakmi goreng dan magelangan (nasi goreng campur mie). Jangan lupa pesan jahe hangat untuk menambah kehangatan di hawa dingin.

Untuk menuju tempat ini, kalau anda memasuki kota Wonosari dari arah Yogyakarta, nanti akan menjumpai bunderan (simpang lima siono), anda belok ke kiri, jalan ini merupakan ring road wonosari, ikuti saja jalan utamanya, sampai nanti jalannya berbelok kekanan, warungnya tak jauh dari belokan ini dan berada di sebelah kiri jalan.

Warung Bakmi Jowo mbah Wito
Desa Piyaman, Ring Road Utara Wonosari
Buka : 16:30 – 23:00 WIB (habis)
Telp : 0878 396 67054 (pak Suyanto)

Bagi pengguna Blackberry, anda bisa menggunakan link Blackberry Map dibawah ini :
( Copy link ini dan emailkan ke alamat email di blackberry anda, anda tinggal mengklik link tersebut yang telah anda terima melalui email maka Maps Blackberry anda akan langsung terarah di lokasi yang dimaksud )

http://maps.BlackBerry.com?lat=-7.94030&lon=110.59042&z=0&label=Wonosari+-+Bakmi+Jawa+Wito&city=Wonosari&country=Indonesia

Bagi anda pengguna google map, silakan menggunakan link berikut :

https://maps.google.co.id/maps?q=-7.94030,110.59042%20(Bakmi Jowo Mbah Wito)


View Larger Map


Paon Mak Mo, Kuliner

Makan gurami goreng, gurami bakar sudah jamak. Dimana-mana mudah dijumpai, ...

DE'SO, Ayam Asap End

Tabanan salah satu kota di Bali ternyata menyimpan satu kuliner ...

Menyisir keindahan d

Pantai Kukup Setelah dari Pantai Baron kami melanjutkan perjalanan ke pantai ...

Pesona Alam Gunung K

Pesona Gunung Kidul tidak sekedar dari kulinernya khas seperti walang ...

Pesona kuliner Madiu

Kalau anda pergi ke Madiun, pasti anda akan langsung teringat ...