Pesona Negeri

Biker, Traveller, Culinary, and Photography

Facebook
RSS

Beberapa waktu lalu setelah kami menghadiri pesta pernikahan teman kami di daerah Gresik, kamipun tak melewatkan kesempatan untuk berburu kuliner di daerah Gresik. Salahsatu makanan khas yang terkenal di Gresik adalah nasi krawu, mirip seperti nasi buk Malang (bila tanpa lodeh).. Kita tidak akan terlalu kesulitan mencari penjual nasi krawu di Gresik, karena cukup banyak penjual nasi krawu di Gresik. Kami sendiri memilih untuk makan nasi krawu bu Tiban yang terletak di warung yang cukup sederhana di seberang Lembaga Pendidikan Ma’arif NU (MINU Tratee Putera Gresik).

Nasi krawu sendiri sepertinya sama seperti nasi buk Malang yang merupakan varian dari nasi campur khas Bangkalan. Nasi yang terdiri lauk dari suwiran daging sapi yang ditambah dengan serundeng kelapa yang merupakan cirikhas nasi krawu.Bila anda tidak ada pantangan dengan jerohan bisa juga memesan lauknya campur dengan babat dan usus goreng. Jangan lupa meminta kuah bila anda kurang terbiasa makan keringan. Dengan menambah kuah anda juga akan mendapatkan bonus potongan usus yang merupakan kaldu dari kuah ini. Ini beda kuah nasi krawu, nasi buk dan nasi campur Bangkalan, kalau nasi buk kuahnya merupakan kuah sayur lodeh, sedangkan kalau nasi campur Bangkalan tanpa kuah sama sekali.

 gresik_nasi_krawu_bu_tiban_nasi

Walaupun bertempat di tempat yang sederhana, tempat ini cukup ramai, terutama yang beli untuk dibungkus, sehingga tak heran kalau kita melihat seperti gula di kerumuni semut, karena semua pembeli mengitari penjual sambil menunggu pesanan mereka. Saat ini yang melayani pembeli memang bukan sudah bu Tiban sendiri, melainkan anaknya. Bu Tiban sendiri lebih banyak di dapur untuk membantu memasak, mungkin sudah mulai melakukan regenerasi.
Walaupun satu tempat, tampaknya penjual minuman dan penjual nasi krawu beda managemen, buktinya untuk minuman kami harus membayar sendiri. Sepertinya penjual nasi krawu ini menumpang tempat di warung ini.

 gresik_nasi_krawu_bu_tiban_suasana

Tidak mudah mencari tempat parkir di tempat ini, kami sendiri harus 3 kali memutar baru dapat parkir. Jalan tempat ini memang tidak terlalu lebar sehingga hanya bisa parkir mobil di satu sisi saja. Selain itu jalannya juga satu arah, sehingga kalau kelewatan kita harus memutar agak jauh. Namun kalau anda ingin leluasa, anda bisa juga makan di cabangnya bu Tiban 2 yang berada di jalan Veteran, tempatnya lebih besar dan parkirnya juga lebih luas.

Untuk menuju tempat ini, kalau anda keluar dari tol Gresik, anda menuju jalan Veteran dan jalan Sudirman lurus saja menuju alun-alun (jalan Pahlawan), mendekati alun-alun anda belok ke kiri menuju jalan Moh Husni Tamrin, setelah itu cari saja jalan Abdul Karim (sebelah kanan), nasi krawu bu Tiban berada di jalan Abdul Karim di sebelah kanan jalan, di depan Lembaga Pendidikan Ma’arif NU (MINU Tratee Putera Gresik).

Nasi Krawu bu Tiban
Jl. KH Abdul Karim 49, Gresik
Jawa Timur – Indonesia
Phone: 031 – 398 7191
Buka : 06:00-17:00 WIB

Bagi pengguna Blackberry, anda bisa menggunakan link Blackberry Map dibawah ini :
( Copy link ini dan emailkan ke alamat email di blackberry anda, anda tinggal mengklik link tersebut yang telah anda terima melalui email maka Maps Blackberry anda akan langsung terarah di lokasi yang dimaksud )

http://maps.BlackBerry.com?lat=-7.15570&lon=112.65259&z=0&label=Gresik+-+Nasi+Krawu+Buk+Tiban&city=Gresik&country=Indonesia

 gresik_nasi_krawu_bu_tiban_map

Bagi anda pengguna google map, silakan menggunakan link berikut :

https://maps.google.co.id/maps?q=-7.15570,112.65259%20(Nasi Krawu bu Tiban)


View Larger Map


Paon Mak Mo, Kuliner

Makan gurami goreng, gurami bakar sudah jamak. Dimana-mana mudah dijumpai, ...

DE'SO, Ayam Asap End

Tabanan salah satu kota di Bali ternyata menyimpan satu kuliner ...

Menyisir keindahan d

Pantai Kukup Setelah dari Pantai Baron kami melanjutkan perjalanan ke pantai ...

Pesona Alam Gunung K

Pesona Gunung Kidul tidak sekedar dari kulinernya khas seperti walang ...

Pesona kuliner Madiu

Kalau anda pergi ke Madiun, pasti anda akan langsung teringat ...