Pesona Negeri

Biker, Traveller, Culinary, and Photography

Facebook
RSS

Bila anda di Bali, tentu anda tidak asing dengan Jimbaran. Di pantai Jimbaran kita akan menjumpai kios-kios berderet yang menjual aneka seafood / ikan, yang menarik di sana adalah kita bisa makan dengan berlantaikan pasir laut karena memang meja dan kursi diletakkan di tepi pantai, sehingga kita merasakan hawa pantai di malam hari. Namun sebenarnya di Denpasar juga ada tempat yang mirip seperti itu, tapi tidak di tepi pantai melainkan di sebuah pulau. Ya di sebuah pulau kecil yang kita tidak perlu naik kapal untuk menuju ke sana, karena memang sudah ada jembatan yang menghubungkannya. Pulau tersebut bernama pulau Serangan yang berasal dari kata Sira dan Angen.

 serangan_ikan_bakar_pasir_putih_desa

Sebelum masuk desa ini kita harus membayar restribusi atau tepatnya menurut kami biaya parkir, karena kita bisa parkir di depan kios tanpa ditarik biaya parkir lagi.
Penjual ikan di pulau ini menjual hasil tangkapan nelayan yang berada di pulau Serangan, jadi bisa dipastikan ikan yang dijual ikan segar. Ada sekitar 20 kios yang berada di pusat kuliner Sira Angen yang di ujungnya ada sebuah pura Sakenan. Kami sendiri memilih kios no 7 yang bernama Ikan Bakar Pasir Putih, kami memang memilih secara acak, karena kami tidak tahu mana yang enak.

 serangan_ikan_bakar_pasir_putih_lokasi

Kami sendiri memesan ikan baronang, cukup murah harganya, hanya Rp 25,000 per ekor. Harga ikan tergantung ukuran dan jenis ikan. Selain ikan baronang ada juga cumi, kerang, ikan jangki dan kakap, namun memang semuanya tergantung dari hasil tangkapan nelayan, jadi tidak mesti ada semua. Ikan tersebut di bakar dengan menggunakan sepat kelapa, jadi bisa dipastikan asapnya cukup banyak. Tak lama hidanganpun siap disajikan, cukup menarik bukan bentuknya apalagi disajikan dengan sambal matah (sambal mentah) yang merupakan sambal khas Bali.

 serangan_ikan_bakar_pasir_putih_baronang

Dengan bentuk kios lesehan yang sederhana, yang beralaskan tikar bambu dan atap yang menyatu kios yang lain, kalau dibandingkan dengan Jimbaran, memang tempatnya masih kalah mewah, namun paling tidak menjadi alternatif bagi anda yang mencari tempat lain bila bosan di Jimbaran, dan yang pasti harganya juga lebih murah.

Untuk menuju tempat ini, kalau anda melewati Jl. Bypass Ngurah Rai, jalan menuju ke pulau Serangan terletak di seberang Lotte Mart. Hati-hati salah dengan jalan menuju pelabuhan Genoa (jalan tol), karena memang berdekatan. Dari jalan tersebut nantinya akan melewati jembatan, dan setelah melewati jembatan kalau lurus jalan menuju ke pantai, namun kita belok ke kiri, nanti ada penjaganya, pusat kuliner Sira Angen terletak setelah penjaga tersebut dan sebelum pura Sakenan.

Ikan Bakar Pasir Putih
Pusat Kuliner Sira Angen
Kios No 7, Pulau Serangan
Denpasar – Indonesia
Buka : 10:00 s/d 22:00 Wita
Telp : 0819 1653 9169 (Ibu Suji)

Bagi pengguna Blackberry, bisa langsung menggunakan link Blackberry Map dibawah ini :
( Copy link ini dan emailkan ke alamat email di blackberry anda, anda tinggal mengklik link tersebut yang telah anda terima melalui email maka Maps Blackberry anda akan langsung terarah di lokasi yang dimaksud )

http://maps.BlackBerry.com?lat=-8.72738&lon=115.23049&z=0&label=Serangan+-+Ikan+Bakar+Pasir+Putih&address=Jalan+Pulau+Serangan&city=Serangan&country=Indonesia

 serangan_ikan_bakar_pasir_putih_map


Paon Mak Mo, Kuliner

Makan gurami goreng, gurami bakar sudah jamak. Dimana-mana mudah dijumpai, ...

DE'SO, Ayam Asap End

Tabanan salah satu kota di Bali ternyata menyimpan satu kuliner ...

Menyisir keindahan d

Pantai Kukup Setelah dari Pantai Baron kami melanjutkan perjalanan ke pantai ...

Pesona Alam Gunung K

Pesona Gunung Kidul tidak sekedar dari kulinernya khas seperti walang ...

Pesona kuliner Madiu

Kalau anda pergi ke Madiun, pasti anda akan langsung teringat ...