Pesona Negeri

Biker, Traveller, Culinary, and Photography

Facebook
RSS

Ok,, melanjutkan cerita perjalanan saya  tentang Eksotisnya kota Mojokerto yang kemaren sudah saya post disini. Kali ini saya akan membeberkan cerita tentang candi tikus. Jangan dikira karena namanya candi tikus,, ditempat ini terdapat candi dengan bentuk tikus atau banyak tikus-tikus berkeliaran  ya.

Diberi nama candi tikus, karena dahulu sebelum ditemukan. Di desa ini ada wabah tikus yang menyerang pertanian warga, dan setelah dilakukan pembasmian. Banyak sekali tikus-tikus yang lari ke dalam gundukan tanah, setelah digali lebih dalam warga menemukan struktur bangunan dari bata. Dan setelah dilakukan eksplorasi oleh pemerindah daerah setempat pada waktu itu ditemukanlah bangunan candi yang kemungkinan besar memang sengaja dibangun dibawah permukaan tanah dan diberilah nama Candi Tikus.

canditikus

Candi Tikus yang letaknya lebih rendah dari permukaan tanah sekitar.

tangga

Tangga untuk masuk kedalam candi, yang berada disebelah utara candi.

Untuk menemukan Candi Tikus, tidaklah sulit karena candi ini berada di sebelah jalan raya seperti Candi Bajang Ratu yang ada dipost sebelumnya. Dan rute untuk mencapai Candi Tikus sama dengan Candi Bajang Ratu yang kita temui sebelumnya. Letaknya juga tidak terlalu jauh, mungkin sekitar 1.5 km.

candit

Meskipun air kolam terlihat hijau,, tapi kalo kita liat dari dekat kita bisa melihat banyak ikan yang sengaja dipelihara disini.

Untuk memasuki kawasan ini juga tidak ada tiket masuk, untuk motor bisa parkir di dalam area candi sedangkan untuk mobil bisa parkir diluar pagar area candi. Seperti candi bajang yang terlihat rapi dan bersih, suasana di Candi Tikus juga terlihat bersih dan asri. Bedannya… diluar pagar yang mengelilingi candi tikus ada beberapa penjual makanan kecil seperti pentol dan gorengan.  Jadi nyemil pentol atau gorengan sambil duduk-duduk diarea ini bisa dicoba jika berkunjung ke Mojokerto.

tamant

Semak-semak yang dibentuk dengan cantik, sebagai pelengkap keindahan Candi Tikus.

cemara

Jajaran pohon cemara yang ada diarea Candi Tikus.

 

 

One Response so far.

  1. yudha says:

    nice update…
    semoga tambah cinta budaya bangsa…maknyos…


Paon Mak Mo, Kuliner

Makan gurami goreng, gurami bakar sudah jamak. Dimana-mana mudah dijumpai, ...

DE'SO, Ayam Asap End

Tabanan salah satu kota di Bali ternyata menyimpan satu kuliner ...

Menyisir keindahan d

Pantai Kukup Setelah dari Pantai Baron kami melanjutkan perjalanan ke pantai ...

Pesona Alam Gunung K

Pesona Gunung Kidul tidak sekedar dari kulinernya khas seperti walang ...

Pesona kuliner Madiu

Kalau anda pergi ke Madiun, pasti anda akan langsung teringat ...