Pesona Negeri

Biker, Traveller, Culinary, and Photography

Facebook
RSS

Pernah membayangkan suatu tempat makan yang besar dengan tempat parkir yang luas tapi hanya berjualan soto ayam dan selalu ramai, bahkan diluar jam makanpun tidak pernah sepi dari pengunjung. Kadang kalau benar-benar ramai, parkirpun sampai tidak muat sehingga harus dipinggir jalan, bahkan karena membludaknya pengunjung, banyak tamu yang sampai duduk di tenda-tenda tambahan. Apabila anda ingin menjumpai tempat seperti ini, anda bisa mengunjungi Soto Ayam Lamongan Cak Har Surabaya.

 surabaya_soto_ayam_lamongan_cak_har_lokasi

Soto Cak Har memang salahsatu fenonema kuliner di Surabaya, bermula dengan menumpang berjualan disuatu gedung yang terletak diperempatan jl. Arief Rahman Hakim, namun karena tempat ini dialihfungsikan, maka soto Cak Har pindah tempat didekat Rumah Sakit Putri. Akhirnya beliau mendapatkan tawaran bekerja sama untuk membuka lagi di tempat lain yang lebih besar dengan parkir yang luas pula. Walaupun begitu tempat yang lama tetap dipertahankan dan tetap berjualan.

 surabaya_soto_ayam_lamongan_cak_har_lokasi2

Kini menurut ceritanya, pendapatan perhari bisa mencapai 20 juta lebih bahkan kalau weekend bisa 2 kali lipat pendapatannya, bayangkan menunya hanya soto ayam, tidak ada menu lain. Walaupun begitu, Cak Har sendiri kadang masih ikut melayani pelanggan dan berbelanja sendiri untuk kebutuhan sehari-hari. Orangnya memang sangat ramah dalam melayani tamu.

 surabaya_soto_ayam_lamongan_cak_har_pemilik

Soto Cak Har merupakan soto ayam lamongan yang menggunakan ayam kampung asli, kita bisa memilih dada, paha, ataupun jerohan. Keistimewaan soto disini memang terletak pada kuahnya, kaldu kuahnya terasa. Hal ini mungkin karena tulang-tulang ayamnya yang sudah dikupas dicampur ke dalam kuah soto sehingga benar-benar merasuk. Semangkok soto ayam kampung asli ini dihargai Rp 12,000. Cukup bisa diterima kan, apalagi potongan dagingnya benar-benar terasa.

Satu hal yang top dan manarik disini adalah kita bisa mendapatkan balungan (tulang) ayam yang sudah dikupas dagingnya, baik itu tulang dada, paha, leher maupun ceker ayam semangkok penuh secara gratis, padahal kalau ditempat lain mungkin sudah dijual sebagai soto ceker/balungan. Karena dari ayam kampung, tulangnya benar-benar legit, apalagi sisa dagingnya masih terasa lho. Wah kalau pesan nasi putih dan balungan saja boleh ga ya..

 surabaya_soto_ayam_lamongan_cak_har_pelengkap

Untuk minuman cukup banyak variasi, karena memang banyak yang menitipkan minuman disana, bayangkan untuk susu kedelai, sari kacang hijau bisa dari beberapa supplier yang menitipkan. Belum lagi minuman botolan dari Cola Cola dan Sosro Group. Didalam tempat ini, ada café juga lho, jadi kalau ingin aneka kopi juga bisa pesan disini, namanya Cafe Tekape, saat ini sedang diperluas dengan membangun gedung disebelah Soto Cak Har.

 surabaya_soto_ayam_lamongan_cak_har_minuman

Tempat ini terletak di jalan Middle East Ring Road Kota Surabaya, kalau dari Galaxy Mall Surabaya, lurus saja, setelah melewati lampu lalu lintas kedua, anda akan menjumpai tempat ini disebelah kanan jalan, jadi anda harus putar balik.

Soto Cak Har
Jl. Dr. Ir. H. Soekarno (MERR II)
Surabaya
Telp: 0821 421 702 05

Buka : 07:00 – 23:00 WIB

Bagi pengguna Blackberry, sebenarnya bisa langsung menggunakan link Blackberry Map dibawah ini, tapi mesti hati-hati karena jalan MERR belum terupdate di Blackberry Map, jadi dimap tersebut seperti belum ada jalan dipinggir lokasi soto Cak Har. Untuk memperjelaskan kami sertakan juga map dari Google map.

http://maps.BlackBerry.com?lat=-7.29554&lon=112.78131&z=0&label=Sby+-+Soto+Cak+Har

 surabaya_soto_ayam_lamongan_cak_har_map

 surabaya_soto_ayam_lamongan_cak_har_map2


Paon Mak Mo, Kuliner

Makan gurami goreng, gurami bakar sudah jamak. Dimana-mana mudah dijumpai, ...

DE'SO, Ayam Asap End

Tabanan salah satu kota di Bali ternyata menyimpan satu kuliner ...

Menyisir keindahan d

Pantai Kukup Setelah dari Pantai Baron kami melanjutkan perjalanan ke pantai ...

Pesona Alam Gunung K

Pesona Gunung Kidul tidak sekedar dari kulinernya khas seperti walang ...

Pesona kuliner Madiu

Kalau anda pergi ke Madiun, pasti anda akan langsung teringat ...