Pesona Negeri

Biker, Traveller, Culinary, and Photography

Facebook
RSS

Sidoarjo memang terkenal dengan petis dan krupuk udangnya, namun kalau anda hanya mengenal itu saja berarti anda belum mengenal Sidoarjo secara komplit. Ada kuliner yang menjadi kebanggaan kota Sidoarjo, yaitu kupang lontong. Banyak sekali penjual kupang dikota Sidoarjo. Salahsatu yang kami kunjungi adalah Kupang Lontong Cak Slamet di jalan raya Suko Sidoarjo.

Apa sih kupang lontong itu? Kalau lontong, tentunya kita sudah tahu, sedangkan kupang adalah sejenis kerang kecil yang sebesar biji kedelai. Kerang ini akan dikupas dan dibersihkan terlebih dahulu setelah baru itu dimasak. Dalam penyajiannya, kerang ini ditambahkan dengan lontong dan lentho (dari parutan singkong yang dibentuk mirip perkedel), dan dicampur dengan kuah petis dan jeruk nipis sehingga menyebabkan rasanya agak manis dan ada rasa kecutnya, kita juga bisa minta ditambahkan cabe kalau ingin pedas. Mantap bukan?

Walau warung ini sederhana, salahsatu keunggulan kupang lontong disini dibanding dengan yang lain adalah amisnya tidak terasa. Jadi kalau penjualnya kurang mahir dalam memasak kupang akan menyebabkan kupang terasa amis sekali, apalagi kalau kurang bersih sewaktu membersihkannya akan menyebabkan keracunan/alergi. Nah bagi anda yang baru mencoba kupang sebaiknya mencoba yang sudah biasa direkomendasikan oleh teman anda.

Dalam memakan kupang, tidak pas rasanya kalau kita tidak memesan sate kerang, sate kerang ini sepertinya merupakan pelengkap wajib dalam makan kupang, karena biasanya orang makan kupang pasti pesan sate kerang. Disini satu porsi isinya 10 tusuk, untuk bumbunya menggunakan bumbu petis, rasanya manis dan ada pedasnya sedikit. Selain itu ada juga pelengkap wajib lainnya yaitu es kelapa muda, ceritanya selain pelepas dahaga, ternyata es kelapa muda juga berfungsi sebagai penawar racun, karena kadang ada orang tertentu alergi terhadap kupang.

Untuk menuju tempat ini, apabila anda dari Surabaya, lewat saja tol menuju Sidoarjo, setelah keluar pintu tol Sidoarjo (jalannya menyerong) putar balik menuju ke arah Krian. Lurus saja setelah sampai pertigaan belok ke kiri. Kupang Lontong ini terletak disebelah kiri jalan, disampingnya ada usaha penggilingan kopi atau diseberang sebelum Rocket Chicken.

Kupang Lontong Cak Slamet
Jl. Raya Suko (seberang Rocket Chicken)
Sidoarjo
Telp : 031 – 894 3283
HP : 0813 311 167 23 (Ibu As)

Buka : 09:30 – 18:00 WIB

Cabang :
Kupang Lontong “Mandes”
Jl. Jatisari Rt 02 RW 06
Pepelegi – Sidoarjo

Telpon : 0812 311 477 16 (Koko Santoso)

Bagi pengguna Blackberry, bisa langsung menggunakan link Blackberry Map dibawah ini :

http://maps.BlackBerry.com?lat=-7.44518&lon=112.68190&z=1&label=Sidoarjo+-+Kupang+lontong+sidoarjo+cak+slamet&desc=Sebelah+toko+sapu-depan+gang+rw+2+-+dusun+suko&address=Jalan+Raya+Suko+%26+Jalan+Dusun+Salam+Suko&city=Cemeng+Bakalan&country=Indonesia

 sidoarjo_kupang_lontong_cak_slamet_map


Paon Mak Mo, Kuliner

Makan gurami goreng, gurami bakar sudah jamak. Dimana-mana mudah dijumpai, ...

DE'SO, Ayam Asap End

Tabanan salah satu kota di Bali ternyata menyimpan satu kuliner ...

Menyisir keindahan d

Pantai Kukup Setelah dari Pantai Baron kami melanjutkan perjalanan ke pantai ...

Pesona Alam Gunung K

Pesona Gunung Kidul tidak sekedar dari kulinernya khas seperti walang ...

Pesona kuliner Madiu

Kalau anda pergi ke Madiun, pasti anda akan langsung teringat ...