Pesona Negeri

Biker, Traveller, Culinary, and Photography

Facebook
RSS

Kalau kita sedang berada di Semarang, pasti kita akan ingat salahsatu makanan khasnya yaitu lumpia Semarang atau kalau di Semarang lebih dikenal dengan nama lunpia Semarang. Banyak kita jumpai penjual lumpia dijalan-jalan di kota Semarang. Namun ada yang lumayan terkenal dan merupakan salahsatu lumpia tertua di Semarang yaitu Lumpia Gang Lombok. Sangat disayangkan kalau di Semarang tidak mencoba lumpia Gang Lombok yang terletak dikawasan Chinatown Semarang. Walaupun terletak digang sempit tapi cukup banyak orang yang beli disini.

Lumpia sebenarnya makanan tradisional khas Tionghoa, tapi Lumpia Semarang memang memiliki cita rasa berbeda, karena menurut sejarahnya lumpia ini sudah disesuaikan dengan cita rasa Indonesia, sehingga Lumpia Semarang merupakan perpaduan rasa Tionghoa dan Indonesia. Hal ini tidak lepas dari penciptanya sendiri yang juga pasangan keturunan Tionghoa-Jawa yaitu Tjoa Thay Yoe dan Wasih. Lumpia Gang Lombok sendiri dikembangkan oleh salahsatu keturunannya, saat ini sudah merupakan generasi ke tiga. Selain Lumpia Gang Lombok, selain itu keturunan yang lain juga mengembangkan lumpia mbak Lien dan lumpia Mataram, yang juga terkenal di Semarang.

Lumpia sendiri merupakan makanan yang terdiri dari rebung, telur, dan daging ayam atau udang yang digulung dengan kulit adonan tepung. Ada dua macam lumpia yaitu goreng dan basah. Lumpia gang Lombok disajikan dalam bentuk sudah terpotong-potong agar mudah memakannya dan disajikan dalam piring yang dilengkapi dengan saos kental, saos mayonese, acar dan bawang. Tersedia juga pelengkap lain seperti bawang merah, cabe, bawang prei dan daun selada. Wah memang beda lho rasa lumpia gang Lombok, rasanya memang enak, kulitnya juga renyah, puas deh makannya karena lumpianya juga cukup besar.

Di gang Lombok memang tidak hanya penjual lumpia tapi banyak juga warung-warung lain yang berjualan berbagai makanan seperti pangsit mie, mie titee, es kolang-kaling. Nah khusus es kolang-kaling jangan dilewatkan, ini seperti minuman wajib bagi orang yang makan lumpia disana.

Es kolang – kaling sebenarnya mirip es buah yang terdiri dari kolang-kaling, kelapa muda, cincao, blewah, nanas, mangga muda. Rasanya memang segar banget, apalagi karena esnya diserut jadi dinginnya terasa banget. Memang pas banget dijadikan minuman setelah makan lumpia. Nah rugi kan kalau tidak mencoba kuliner disini.

 semarang_lumpia_gang_lombok_kolangkaling

Untuk menuju tempat ini anda bisa melalui Jalan Mataram (MT Haryono) kemudian sampai bunderan belok kiri ke jalan Agus Salim, lalu belok kiri ke Jalan Pekojan, sebelum jembatan anda belok ke kanan ke Gang Lombok, warung ini terletak disamping kelenteng Tay Kak Sie.

Loenpia Semarang Gang Lombok
Jl. Gang Lombok No 11
Sebelah Kelenteng Tay Kak Sie
Semarang

Rumah :
Brondongan No 32
Semarang

Telp : 024 – 355 5722
HP : 0816 488 2329 (Bp. Purnomo Usodo)

Buka : 08:00 – 17:00 WIB

Bagi pengguna Blackberry, bisa langsung menggunakan link Blackberry Map dibawah ini :

http://maps.BlackBerry.com?lat=-6.97442&lon=110.42783&z=1&label=SMG+-+Lumpia+gang+lombok&desc=Gang+lombok+no+11+%280800-1700%29&address=Gang+Lombok&city=Kembangsari&country=Indonesia&phone=024-3555722

 semarang_lumpia_gang_lombok_map

One Response so far.

  1. priyo wibowo says:

    bisa kok gan, kalau mau kirim, nnti saya bantu …
    silahkan kalau ingin merasakan lunpia gang lombok, bisa call saya
    fast response 081805965149.
    cp : priyo
    pin : 2A716559


Paon Mak Mo, Kuliner

Makan gurami goreng, gurami bakar sudah jamak. Dimana-mana mudah dijumpai, ...

DE'SO, Ayam Asap End

Tabanan salah satu kota di Bali ternyata menyimpan satu kuliner ...

Menyisir keindahan d

Pantai Kukup Setelah dari Pantai Baron kami melanjutkan perjalanan ke pantai ...

Pesona Alam Gunung K

Pesona Gunung Kidul tidak sekedar dari kulinernya khas seperti walang ...

Pesona kuliner Madiu

Kalau anda pergi ke Madiun, pasti anda akan langsung teringat ...