Pesona Negeri

Biker, Traveller, Culinary, and Photography

Facebook
RSS

soto doq

Kali ini perjalanan kuliner akan mengajak Anda mencicipi segarnya kuliner khas Jombang, tapi tidak di Jombang melainkan di kota udang Sidoarjo.

Sebenarnya Sidoarjo ini menyimpan beragam kuliner yang sangat menggugah selera dengan cita rasa yang boleh dibilang cukup lezat tapi tetap tidak menguras dompet Anda terlalu dalam.

Kita akan menyusuri lokasi yang paling mudah dan cukup banyak tempat yang asik di sekitarnya yaitu Jalan Cipto Sidoarjo atau Kranggan. Untuk menuju kesana, lokasinya mudah saja, berada di sebelah selatan alun-alun kota Sidoarjo tepatnya di belakang kantor Telkom. Di sepanjang jalan ini cukup banyak tempat makan yang bisa Anda pilih seperti bakmoy udang, bakso unyil/bakso belakang kantor pos, kedai kopi kribo, iga bakar, ceker lapindo, bakery, dsb. Menarik bukan, tinggal sesuaikan dengan naluri perut dan kantong.

Tampak depan Warung Soto Daging khas Jombang

Tampak depan Warung Soto Daging khas Jombang

Soto Doq ini posisinya tepat di sebelah kanan (setelah) Gang Kranggan II, di sisi kiri menghadap ke utara dengan warna khas dominan hijau. Soto ini biasanya ramai dikunjungi pembeli pada sore sampai malam hari. Penjualnya ramah. Soto Daging khas Jombang atau orang biasa menyebut soto doq ini unik karena saat soto selesai diracik, penjual akan menambahkan kecap dari botol dengan pantat yang lumayan lebar dan setelah diisi kemudian botol di ‘jedog’ kan di meja dan menimbulkan suara khas yang bagi sebagian orang mengejutkan namun sekaligus menjadi ciri khasnya. Dan uniknya mungkin saking bersemangatnya, kayu papan bagian alas kecap menjadi sedikit penyok/dekok karena tiap hari harus menahan paparan botol.

Botol kecap khas soto doq

Botol kecap khas soto doq

Menikmati soto doq ini ada racikan tambahan yang bisa Anda lakukan, yaitu memberikan sedikit cipratan air jeruk nipis untuk menambah kesegarannya, ada sambal, dan juga kecap untuk menyesuaikan cita rasa. Soto doq ini terdiri dari daging, jerohan, dengan bumbu kuning kunyit yang penyajiannya disertai dengan taburan tauge matang dan bawang goreng.  Anda bisa memilih untuk isiannya, apakah campur (daging dan jerohan), daging saja, jerohan saja, atau tanpa isian (kuah saja). Selain itu disediakan ‘topping’ tambahan berupa jerohan dengan bumbu manis menyerupai bumbu dendeng yang halus rasa ketumbarnya dan ini benar-benar khas sekali, tidak ada rasa amis jerohan, spicy tapi lembut. ‘Topping’ yang tersedia antara lain babat, usus, jantung, limpa, dan hati. Sebungkus krupuk Palembang ukuran sedang berisi 2 keping akan semakin melengkapi kenikmatan sajian khas ini.

Topping jerohan untuk soto daging

Beragam ‘topping’ jerohan untuk soto daging

Krupuk Palembang ukuran sedang

Krupuk Palembang ukuran sedang isi 2

Suatu waktu Anda bisa rencanakan makan malam di Sidoarjo dengan sajian soto daging khas Jombang dan masih bisa memutari gemerlap kota Sidoarjo sambil mencicipi kudapan-kudapan lain seperti jagung bakar, angsle, atau lainnya. Dan untuk tidak berlama-lama membuat Anda penasaran ini adalah harga-harga yang terkini:

 

  • Soto Doq Rp 7.000
  • Soto Doq tanpa daging (nasi+kuah) Rp 5.000
  • Jeroan goreng bumbu Rp 2.000/iris
  • Krupuk Palembang Rp 2.500/bungkus (medium size)

Nikmati makan malam tidak selalu harus mahal, mari cintai kuliner nusantara.

Paon Mak Mo, Kuliner

Makan gurami goreng, gurami bakar sudah jamak. Dimana-mana mudah dijumpai, ...

DE'SO, Ayam Asap End

Tabanan salah satu kota di Bali ternyata menyimpan satu kuliner ...

Menyisir keindahan d

Pantai Kukup Setelah dari Pantai Baron kami melanjutkan perjalanan ke pantai ...

Pesona Alam Gunung K

Pesona Gunung Kidul tidak sekedar dari kulinernya khas seperti walang ...

Pesona kuliner Madiu

Kalau anda pergi ke Madiun, pasti anda akan langsung teringat ...