Pesona Negeri

Biker, Traveller, Culinary, and Photography

Facebook
RSS

Di kota Ponorogo, anda pasti akan menjumpai salahsatu kuliner khasnya selain sate yaitu dawet Jabung. Dinamakan dawet Jabung, karena memang berasal dari desa Jabung kecamatan Mlarak. Apabila anda menyempatkan diri untuk berkunjung ke desa Jabung, maka anda akan menjumpai banyak sekali penjual dawet Jabung disepanjang jalan.

Kenapa didesa ini banyak sekali penjual dawet, menurut legenda, dulu ada seorang warok Suromenggolo yang terluka, kemudian dapat disembuhkan karena disiram dawet buatan ki Jabung. Setelah sembuh Warok Suromenggolo berkata bahwa desa Jabung akan makmur bila berjualan dawet. Mungkin karena itu akhirnya banyak penjual dawet didaerah itu.

Selain itu legenda tersebut ada juga cerita yang menarik dari penyajian dawet Jabung ini yaitu menggunakan mangkok diatas lepek (piring kecil). Dimana pembeli hanya diperkenankan mengambil mangkoknya saja. Menurut cerita, apabila pembeli mengambil lepek, maka berarti pembeli (lelaki) mau menikahi penjual, yang rata-rata memang penjualnya gadis muda dan apabila penjual tertarik maka lepek tersebut akan diserahkan. Tapi ini mungkin sekarang hanya sebagai tradisi saja, dan memang belum pernah dengar sampai ada pembeli yang menikahi penjualnya gara-gara lepek.

 

Pada kesempatan ini kami mencoba menikmati dawet Jabung bu Sumini, yang memang cukup terkenal disini.

 jabung_dawet_jabung_bu_sumini_papan_nama

Dawet tersebut diletakkan dimangkok kecil diatas lepek, dan yang berjualan gadis muda.

 jabung_dawet_jabung_bu_sumini_penjual

Memang setelah dicoba diambil bersama lepeknya, dia mengatakan yang diambil yang atasnya saja (maksudnya mangkoknya).  Dan uniknya lagi apabila anda mau tambah, maka dia akan menyodorkan lepeknya dan kita disuruh menaruh mangkok tersebut diatas lepek.

 jabung_dawet_jabung_bu_sumini_penyajian

Dawet disini cukup murah, semangkok hanya Rp 2,000 dan segar sekali diminum dihawa panas. Membuat kadang semangkok tidak cukup, sehingga perlu nambah lagi. Disamping dawet, ada pendamping makanan kecil seperti tahu isi, pisang goreng, dll.

 jabung_dawet_jabung_bu_sumini_dawet

Untuk menuju lokasi ini, dari kota ponorogo, carilah patung jeruk sing, dan belok menuju ke arah trenggalek. Dawet bu Sumini terletak dipertigaan desa Jabung, didekat lampu merah.

Dawet Jabung bu Sumini

Pertigaan Lampu Merah Desa Jabung, Ponorogo

Telp : 0853 359 19338

Buka : 09:00 – 16:30 WIB

 jabung_dawet_jabung_bu_sumini_lokasi

Bagi pengguna Blackberry, bisa langsung menggunakan link Blackberry Map dibawah ini :

http://maps.BlackBerry.com?lat=-7.91801&lon=111.48278&z=2&label=Jabung+-+Dawet+Jabung+Sumini&desc=Buka+08-17&city=Mlarak&country=Indonesia

jabung_dawet_jabung_bu_sumini_maps


Paon Mak Mo, Kuliner

Makan gurami goreng, gurami bakar sudah jamak. Dimana-mana mudah dijumpai, ...

DE'SO, Ayam Asap End

Tabanan salah satu kota di Bali ternyata menyimpan satu kuliner ...

Menyisir keindahan d

Pantai Kukup Setelah dari Pantai Baron kami melanjutkan perjalanan ke pantai ...

Pesona Alam Gunung K

Pesona Gunung Kidul tidak sekedar dari kulinernya khas seperti walang ...

Pesona kuliner Madiu

Kalau anda pergi ke Madiun, pasti anda akan langsung teringat ...