Pesona Negeri

Biker, Traveller, Culinary, and Photography

Facebook
RSS

Bila kita berada di kota Surabaya, tentu kita akan dibuat terkagum-kagum oleh keindahan taman di Surabaya, hampir tidak ada lahan yang dibiarkan kosong tanpa terisi tanaman. Selain terkenal dengan keindahan tamannya, kota Surabaya juga merupakan gudangnya kuliner, bagi anda tidak ada pantangan dengan babi dan kebetulan anda penggemar sio bak (babi panggang), ada satu tempat yang layak di kunjungi yaitu Fu Siang yang berada di jalan BKR Pelajar.

Sewaktu kita masuk ke dalam depot ini, kita bisa melihat daging yang digantung rapi dalam rak kaca, ada siobak manis atau biasanya disebut chasio dan siobak asin (yang kering), ada juga yang dari ayam yang disebut dengan sioke. Di tempat ini agak berbeda dengan tempat lain, biasanya kita langsung bisa membeli satu porsi nasi siobak/sioke, tapi di tempat ini kita akan ditanya dulu mau beli berapa ons (100gr)? Biasanya kalau untuk 5 orang, kita akan direkomendasikan untuk membeli ¼ kg, namun boleh lebih atau kurang dari itu kok. Jadi tergantung selera kita. Harga per 100 gramnya Rp 36,000.

Kami sendiri memesan 200gr, campuran siobak asin dan manis. Dengan cekatan pemilik depot ini memotong dari daging yang digantung kemudian ditimbang sesuai pesanan kita. Setelah itu di potong kecil-kecil sebelum disajikan. Rasa siobak asin benar-benar gurih dan renyah banget kulitnya, jadi tidak ada kesulitan memakannya. Demikian juga rasa siobak manis, manisnya pas.

Satu hal yang tidak boleh dilupakan bila memesan makanan ini, adalah mencelupkan siobak dengan bumbu taoco, kita bisa mengambil bumbu tersebut di dalam toples kecil di atas meja. Siobak di sini memang sudah enak, apalagi setelah dicelupkan ke dalam bumbu ini, benar-benar membuat kita ketagihan. Untuk urusan bumbu tempat ini benar-benar juara, selain sedap, bumbu yang agak kental ini kita boleh ambil sesuka hati kita.

 surabaya_siobak_fu_siang_bumbu

Untuk menuju tempat ini, apabila anda dari Hi-Tech Mall / THR (Taman Hiburan Rakyat) Surabaya, anda ikuti jalan Kusuma Bangsa yang menuju ke stasiun Gubeng, nanti akan ketemu Ikan Bakar Mataram, disebelah tempat ini ada jalan ke kiri, jalan ini merupakan jalan BKR Pelajar, tempat makan ini berada di sebelah kiri jalan..

Depot Siokee – Siobak Fu Siang (Kiet Wan Kie)
Jl. BKR Pelajar No 55 (d/h Jimerto), Surabaya
Jawa Timur – Indonesia
Phone: 031 – 535 3508, 547 3890, 701 85355, 0818 511 769, 0812 327 8655
Buka : 07:00-17:00 WIB, Minggu : 07:00 – 15:00 WIB

Bagi pengguna Blackberry, anda bisa menggunakan link Blackberry Map dibawah ini :
( Copy link ini dan emailkan ke alamat email di blackberry anda, anda tinggal mengklik link tersebut yang telah anda terima melalui email maka Maps Blackberry anda akan langsung terarah di lokasi yang dimaksud )

http://maps.BlackBerry.com?lat=-7.25776&lon=112.75233&z=0&label=Sby+-+Siobak+Fu+Siang+%28Kiet+Wan+Kie%29&address=Jalan+Jimerto&city=Pacar+Keling&country=Indonesia

Bagi anda pengguna google map, silakan menggunakan link berikut :

https://maps.google.co.id/maps?q=-7.25776,112.75233%20(Siokee-Siobak Fu Siang)


View Larger Map


Paon Mak Mo, Kuliner

Agus yang memiliki latar belakang dunia pariwisata mengawali usahanya ini ...

DE'SO, Ayam Asap End

Terletak berdekatan dengan Tanah Lot, saya menyempatkan diri untuk mencari ...

Menyisir keindahan d

Pantai Kukup Setelah dari Pantai Baron kami melanjutkan perjalanan ke pantai ...

Pesona Alam Gunung K

Pesona Gunung Kidul tidak sekedar dari kulinernya khas seperti walang ...

Pesona kuliner Madiu

Kalau anda pergi ke Madiun, pasti anda akan langsung teringat ...