Pesona Negeri

Biker, Traveller, Culinary, and Photography

Facebook
RSS

Satu lagi kuliner yang patut anda coba di kota Surabaya, terutama bagi penggemar makanan khas Aceh, tentunya bagi anda yang berada di Surabaya tidak perlu jauh-jauh ke ujung Sumatra untuk menikmati makanan khas Aceh ini. Di sebuah depot kecil yang dihimpit dua modern market di pertigaan jalan Pucang Jajar dan Pucang Anom anda bisa menikmati beraneka ragam makanan khas Aceh.

Kami sendiri menikmati mie kocok Aceh ayam jamur dan mie tomat Aceh, mie kocok Aceh ayam jamur terdiri dari mie berwarna kuning, ayam yang dipotong kecil-kecil yang sudah dibumbui, jamur, tauge, sawi, bawang goreng dan perkedel ukuran mini, lalu disiram dengan kuah panas yang rasanya segar sekali.

 surabaya_depot_mie_kocok_aceh_mie_kocok

Sedangkan untuk mie tomat Aceh, mienya juga sama berwarna kuning, ayam yang dipotong kecil-kecil, telor, tauge, sawi, bawang goreng dan kuahnya pedas karena memang diberi campuran cabe yang telah di haluskan, anda bisa minta pedas sekali bila anda penggemar pedas, atau bisa menambahkan dengan sambal yang tersedia di meja bila masih kurang pedas.

Salahsatu yang unik adalah acarnya, kalau biasnya terbuat dari mentimun, di sini acarnya terbuat dari bawang merah, enak juga lho rasanya, kecut seperti rasa acar pada umumnya namun rasa bawangnya terasa (kan memang dari bawang merah he he he).

 surabaya_depot_mie_kocok_aceh_acar

Untuk minumannya anda bisa mencoba kopi terbalik, dimana biasanya kita disuguhi kopi dengan gelas/cangkir di atas lepek (alas cangkir / gelas) dengan gelas menghadap ke atas, namun di sini kita akan mendapatkan posisi gelas yang terbalik, lalu diberi sedotan. Terus gimana cara minumnya dan apa fungsi sedotannya? Jangan terburu-buru membalik gelasnya karena pasti akan langsung tumpah. Untuk meminum kopi ini memang harus bersabar, maklum ternyata cara minumnya harus ditiup dulu pinggir gelasnya dengan sedotan blub blub sehingga air kopinya keluar dari sela-sela pinggir gelas, setelah dirasa cukup banyak airnya yang keluar di dalam lepek kemudian baru kita sedot air kopinya slurrpp. Memang cocok untuk teman bercengkrama karena tidak bisa buru-buru meminumnya. Selain unik, ternyata dengan posisi gelas terbalik berfungsi agar ampas kopinya tetap berada di dalam gelas dan tidak ikut terminum, karena sewaktu ditiup yang keluar hanya air kopinya saja, hebat juga idenya. Lihat aja sewaktu air kopinya sudah habis, biji kopinya masih tertinggal didalam gelas.

 surabaya_depot_mie_kocok_aceh_kopi

Selain menu diatas juga terdapat menu-menu lain yang patut anda coba, seperti mie kocok (tanpa ayam jamur), nasi goreng Aceh, Es Kacang Aceh yang merupakan es kacang merah yang dicampur dengan sirup dan susu. Menurut koh Asing, beberapa bumbu-bumbunya masih didatangkan dari Aceh sehingga cita rasa khas Acehnya masih terjaga.

Bila anda merasa bingung model makanannya kira-kira seperti apa, jangan kuatir selain koh Asing cukup ramah untuk menjelaskan, anda juga bisa melihatnya di spanduk yang berisi foto-foto makanan yang ditempel di tembok.

 surabaya_depot_mie_kocok_aceh_menu3

Nah tunggu apa lagi, bagi anda yang sudah ngiler silakan saja menuju ke tempat ini, kalau anda berada di jalan Ngagel Jaya Selatan meluncur saja ke arah kebun bibit Manyar (Ruko RMI), nanti ada perempatan, anda belok ke kiri menuju jalan Ngagel Madya, lurus saja, sampai ketemu Gereja Katolik Santa Maria Tak Bercela, masih terus lurus, sampai jalan Pucang Jajar, terus saja sampai ketemu pertigaan dengan jalan Pucang Anom (ada Millenium Building yang disebelah sekolah Muhammadyah). Depot ini berada di antara modern market yang sebelah kiri Indomart, dan kanannya ada apotik Marturia dan Alfamart.

Depot Mie Kocok Aceh
Jl. Pucang Jajar No 9
Surabaya

Buka : 09:00 – 21:00 WIB, Minggu : 15:00 – 21:00 WIB

Telpon : 031 – 340 89835, 0823 692 74305

Bagi pengguna Blackberry, anda bisa menggunakan link Blackberry Map dibawah ini :
( Copy link ini dan emailkan ke alamat email di blackberry anda, anda tinggal mengklik link tersebut yang telah anda terima melalui email maka Maps Blackberry anda akan langsung terarah di lokasi yang dimaksud )

http://maps.BlackBerry.com?lat=-7.28420&lon=112.76014&z=0&label=Depot+Mie+Kocok+Aceh&address=Jalan+Pucang+Jajar&city=Kertajaya&country=Indonesia

Bagi anda pengguna google map, silakan menggunakan link berikut :

https://maps.google.co.id/maps?q=-7.28420,112.76014%20(Depot Mie Kocok Aceh)


View Larger Map


Paon Mak Mo, Kuliner

Agus yang memiliki latar belakang dunia pariwisata mengawali usahanya ini ...

DE'SO, Ayam Asap End

Terletak berdekatan dengan Tanah Lot, saya menyempatkan diri untuk mencari ...

Menyisir keindahan d

Pantai Kukup Setelah dari Pantai Baron kami melanjutkan perjalanan ke pantai ...

Pesona Alam Gunung K

Pesona Gunung Kidul tidak sekedar dari kulinernya khas seperti walang ...

Pesona kuliner Madiu

Kalau anda pergi ke Madiun, pasti anda akan langsung teringat ...