Pesona Negeri

Biker, Traveller, Culinary, and Photography

Facebook
RSS

Anda sedang berada di Salatiga? Jangan lewatkan untuk sarapan dengan Nasi Koyor Ibu Sumiah, tapi ini memang harus untung-untungan juga, karena terkadang sang Mak (panggilan Ibu dalam bahasa Jawa) tidak berjualan, hari liburnya juga tidak tentu. Jadi kalau Anda sedang beruntung, anda bisa menikmati Nasi Koyor ini he he he seru kan.

 salatiga_nasi_koyor_ibu_sumiah_penjual

Nasi Koyor bu Sumiah memang tidak memiliki tempat sendiri seperti warung pada umumnya, tapi berjualan di halaman sebuah toko telor dan beras Waringin yang diseberangnya lokasi Es Kesambi 4. Namun keberadaan nasi koyor inipun cuman sebentar, mulai jam 05:15 – 08:00 itupun tergantung dari pembelinya, kalau banyak yang beli bisa lebih cepat habis.

Selain menguji keberuntungan juga menuji kesabaran Anda, karena kalau anda telat datang, sudah banyak orang yang antri, sehingga andapun harus antri, tentunya sambil berdiri, karena kursinya sangat-sangat terbatas :). Anda bisa membandingkan sendiri suasana sebelum jam 06:00 (Kiri) dan setelah jam 06:00 (kanan).

Nasi Koyor memang salahsatu makanan khas Salatiga, koyor merupakan otot sapi. Disini koyornya sangat empuk, dengan campuran daun pepaya, serutan pepaya muda, serta karak (krupuk yang terbuat dari nasi yang dikeringkan). Kuahnya ada coklat kemerahan, rasanya sedikit pedas. Tapi memang enak sekali, tidak sia-sia menunggu lama.

 salatiga_nasi_koyor_ibu_sumiah_nasi_koyor

Selain berjualan nasi koyor, juga terdapat bubur ketan, kalau tidak salah buburnya terbuat dari beras, dan dicampur ketan, serta parutan kelapa, bubuk kedelai dan gula merah.

 salatiga_nasi_koyor_ibu_sumiah_bubur_ketan

Untuk menuju tempat ini anda bisa melalui Jalan Sudirman, sebelum hotel Beringin, anda belok kanan (menuju alun2), kemudian ada lampu lalu lintas anda belok ke kanan (jalan kesambi), lokasi Nasi Koyor ini hampir diujung jalan dan diseberang es kesambi, tepatnya di halaman toko Waringin.

Nasi Koyor Ibu Sumiah
Jl. Kesambi no 1
Halaman Toko Waringin / Seberang Es Kesambi 4
Salatiga

Buka : 05:15 – 08:00 WIB

Bagi pengguna Blackberry, bisa langsung menggunakan link Blackberry Map dibawah ini :

http://maps.BlackBerry.com?lat=-7.32974&lon=110.50369&z=0&label=Salatiga+-+Nasi+Koyor+bu+Sumiah&address=Jalan+Jenderal+Sudirman&city=Mangunsari&country=Indonesia

 salatiga_nasi_koyor_ibu_sumiah_map


Paon Mak Mo, Kuliner

Agus yang memiliki latar belakang dunia pariwisata mengawali usahanya ini ...

DE'SO, Ayam Asap End

Terletak berdekatan dengan Tanah Lot, saya menyempatkan diri untuk mencari ...

Menyisir keindahan d

Pantai Kukup Setelah dari Pantai Baron kami melanjutkan perjalanan ke pantai ...

Pesona Alam Gunung K

Pesona Gunung Kidul tidak sekedar dari kulinernya khas seperti walang ...

Pesona kuliner Madiu

Kalau anda pergi ke Madiun, pasti anda akan langsung teringat ...