Pesona Negeri

Biker, Traveller, Culinary, and Photography

Facebook
RSS

Solo memang sangat terkenal dengan berbagai macam kuliner, mulai nasi liwet, selat, timlo, tengkleng dll. Namun ada satu lagi yang patut anda coba yaitu bestik ala jawa. Kuliner yang satu ini memang juga menjadi andalan kuliner disolo. Satu tempat yang kami coba adalah Harjo Bestik yang berlokasi di jalan Dr Rajiman yang selalu ramai dengan pengunjung.

Bertenda biru dengan spanduk kuning kehijauan yang bertuliskan ”Harjo Bestik” di dekat perempatan lampu merah pasar kembang, sehingga sangat mudah ditemukan. Saat ini memang sudah bukan mbah Harjo yang menjalankan, karena sudah dijalankan oleh generasi ketiga ibu Mujiati, yang langsung mengolah dan menyiapkan sendiri setiap pesanan, sehingga rasanyapun masih bisa diandalkan.

Bestik merupakan makanan yang mungkin mengacu pada steak, tapi disesuaikan dengan selera lokal. Bahan utama bestik disini bisa berupa sapi, lidah, ayam, brutu, uritan yang dicampur dengan tomat, wortel, kentang, sawi, bawang bombay, selada dengan kuah manis yang berwarna kecoklatan. Salahsatu menu favorit disini adalah bestik lidah, lidahnya dipotong kecil-kecil. Yang pasti kuah bestik disini boleh diandalkan, karena kuahnya memang enak banget, manisnya pas, juga segarnya, mungkin karena banyaknya campuran sayuran. Benar-benar menggoda dan membuat kita selalu ketagihan.

Bagi anda yang menyukai acar dan lombok, kedua aksesoris ini disediakan dimeja sehingga anda tinggal mengambil sesuka anda. Selain bestik, Harjo Bestik juga menyediakan menu lain seperti bakmi, capjay , paklay, mihun, orak-arik dan yang unik nasi goreng dibungkus telor dadar tipis. Jadi bagi yang kurang biasa memakan bestik ala jawa bisa mencoba menu yang lain. Ada juga makanan yang tidak tercantum dalam menu, tapi bisa dipesan yaitu elek-elekan, bonggol lidah yang digoreng.

Untuk menyenangkan suasana, didekat tempat masuk tenda, ada serombongan pengamen yang dengan setia menyanyikan lagu-lagu. Jangan bayangkan pengamen ini akan mengitari meja-meja dan meminta uang sewaktu anda sedang enak-enak makan. Pengamen ini tidak keliling, melainkan menyanyi ditempat, sehingga apabila kita ingin memberikan apresiasi, kita tinggal memberikan uang ditempat yang disediakan.

 solo_harjo_bestik_pengamen

Untuk menuju tempat ini, kalau dari jalan Honggowongso, anda tidak bisa langsung belok kiri ke jalan Dr Rajiman karena satu arah, anda lurus saja dan belok kiri di jalan Larangan, anda bisa lurus sampai di jalan Gatot Subroto atau belok kiri dijalan kecil, nanti tembus jl. Dr Rajiman. Kalau di jalan Gatot Subroto, anda lurus saja sampai perempatan, lalu belok kiri ke jl. Dr Rajiman, jalan saja pelan-pelan, tempat makan ini disebelah kanan jalan sebelum perempatan pasar kembang.

Harjo Bestik
Danukusuman rt 01/IX Serengan
Jl dr Rajiman, timur perempatan Pasar Kembang
Solo
Telp: 0818 045 444 72

Buka : 18:00 – 24:00 WIB

Cabang :
Jl. Veteran (barat perempatan Gemblegan)
Jl. Veteran (depan Pasar Gading)

Bagi pengguna Blackberry, bisa langsung menggunakan link Blackberry Map dibawah ini :

http://maps.BlackBerry.com?lat=-7.57290&lon=110.81727&z=0&label=Solo+-+Harjo+Bestik&address=Jalan+Doktor+Radjiman&city=Kemlayan&country=Indonesia

 solo_harjo_bestik_map


Paon Mak Mo, Kuliner

Makan gurami goreng, gurami bakar sudah jamak. Dimana-mana mudah dijumpai, ...

DE'SO, Ayam Asap End

Tabanan salah satu kota di Bali ternyata menyimpan satu kuliner ...

Menyisir keindahan d

Pantai Kukup Setelah dari Pantai Baron kami melanjutkan perjalanan ke pantai ...

Pesona Alam Gunung K

Pesona Gunung Kidul tidak sekedar dari kulinernya khas seperti walang ...

Pesona kuliner Madiu

Kalau anda pergi ke Madiun, pasti anda akan langsung teringat ...