Pesona Negeri

Biker, Traveller, Culinary, and Photography

Facebook
RSS

Balung adalah kota kecil atau tepatnya salahsatu kecamatan dari kabupaten Jember, suatu wilayah di Jawa Timur bagian timur yang mungkin banyak orang tidak mengenal. Namun siapa sangka di kota kecamatan ini terdapat soto Madura yang lumayan enak yaitu soto Madura p. Jai.

Soto Madura p. Jai merupakan soto ayam dengan campuran telor, kentang dan koya. Di daerah Jember dan sekitarnya, sebutan soto madura memang sedikit berbeda dengan soto madura pada umumnya, kalau biasanya soto madura adalah soto daging dengan kuah tanpa koya. Sedangkan kalau di Jember, soto yang menggunakan koya malah disebut soto Madura, sedangkan tanpa koya malah tanpa embel-embel Madura.

 balung_soto_madura_pak_jai_soto_ayam

Walaupun sama-sama menggunakan koya, soto ini berbeda dengan soto Lamongan, perbedaannya justru dikoyanya. Koya disini menggunakan bahan dari parutan kelapa, sedangkan koya soto Lamongan dari krupuk udang yang dihaluskan. Koya inilah yang membuat soto ini memiliki sensasi berbeda. Apalagi dengan menggunakan telor yang ternyata bukan telor ayam melainkan telor bebek dan dihidangkan dengan kuah yang panas semakin membuat soto ini lebih berbeda.

 balung_soto_madura_pak_jai_koya

Warung yang terletak ditempat yang sederhana ini memang sudah ada sejak lama, bahkan saat ini sudah merupakan generasi kedua. Ini menunjukan bahwa warung ini masih diminati, dan tentunya soal rasa boleh dicoba bukan.

 balung_soto_madura_pak_jai_suasana

Untuk menuju tempat ini, apabila anda dari kota Jember, setelah melewati kota Rambipuji dan melewati sungai kaliputih, anda belok ke kiri menuju kota Balung, Setelah sampai kota Balung (jl. Raya Rambipuji), setelah melewati Gereja Kristus Tuhan, anda bisa pelan-pelan, soto ini terletak dikiri jalan didepan dealer motor.

Warung Soto Madura p. Jai
Jl. Rambipuji (depan dealer motor)
Jember

Buka : pagi – sore.

Bagi pengguna Blackberry, bisa langsung menggunakan link Blackberry Map* dibawah ini :

http://www.blackberry.com/mapgen/?lat=-8.27475&lon=113.53698&z=1&label=Soto+madura+pak+jai&address=Jalan+Lumajang+-+Jember&city=Tutul&country=Indonesia

 balung_soto_madura_pak_jai_map

* Note : mungkin karena kota kecil mapnya agak kurang pas, apalagi tag aslinya ion=113.53848, (jauh dari jalan yang ada di map).


Paon Mak Mo, Kuliner

Makan gurami goreng, gurami bakar sudah jamak. Dimana-mana mudah dijumpai, ...

DE'SO, Ayam Asap End

Tabanan salah satu kota di Bali ternyata menyimpan satu kuliner ...

Menyisir keindahan d

Pantai Kukup Setelah dari Pantai Baron kami melanjutkan perjalanan ke pantai ...

Pesona Alam Gunung K

Pesona Gunung Kidul tidak sekedar dari kulinernya khas seperti walang ...

Pesona kuliner Madiu

Kalau anda pergi ke Madiun, pasti anda akan langsung teringat ...