Pesona Negeri

Biker, Traveller, Culinary, and Photography

Facebook
RSS

Jangan lupakan kuliner satu ini bila anda sedang berada di Semarang. Nasi Goreng Babat merupakan salahsatu kuliner Semarang yang cukup terkenal. Arti babat disini jangan dirancukan dengan wingko babat, walaupun dua jenis makanan ini sama-sama merupakan khas semarang, tapi makna babat dalam dua jenis makanan ini berbeda lho, arti babat dalam wingko babat merupakan nama daerah asalnya, tapi kalau dalam nasi goreng babat, arti babat merupakan daging babat yang menjadi salahsatu bahan pembuat nasi goreng babat.

Salahsatu tempat yang wajib anda kunjungi adalah Nasi Goreng Babat Pak Karmin Mberok. Istilah Mberok bukan karena p. Karmin suka mberok (dalam bahasa jawa = teriak), tapi menunjukkan lokasinya disamping jembatan Mberok. Jembatan ini sudah ada sejak jaman Belanda, dinamakan Mberok karena untuk memudahkan pelafalan BURG (dalam bahasa Belanda = jembatan), mungkin waktu itu orang sekitar kesulitan melafalkan BURG.

 semarang_nasi_goreng_babat_pak_karmin_mberok_papan_nama

Menurut cerita, usaha p. Karmin dimulai tahun 1954, awalnya memang belum berjualan di samping jembatan ini, tapi masih berjualan dialun-alun, sekitar tahun 1971 baru pindah ke samping jembatan Mberok. Saat ini penjualnya memang bukan p. Karmin lagi, tapi sudah diteruskan oleh generasi kedua (P. Suhari) dengan tetap menggunakan resep keluarga. Walau menempati tempat yang sederhana, tapi kelezatan makanan ini boleh dibanggakan. Buktinya saat ini sudah memiliki 2 cabang yaitu di jalan Gajah Mada dan di kawasan Telaga Mas.

Nasi Goreng Babat memang merupakan salahsatu kuliner khas Semarang, dimana daging babat sebagai salahsatu bahan pembuat nasi goreng ini. Tentunya tidak hanya daging babat yang membuat nasi goreng ini lezat, tapi juga resep bumbu rahasia keluarga Pak Karmin.

 semarang_nasi_goreng_babat_pak_karmin_mberok_nasi_goreng

Bagi anda pencinta sambal, nasi Goreng babat bisa disajikan sesuai dengan kepedasan yang anda inginkan. Tinggal order saja mau pedasnya seberapa, pedas sekali, sedang atau tidak pedas. Mungkin karena cukup ramai, terkadang mereka memasak nasi goreng beberapa porsi sekaligus sampai terkadang wajannya cukup penuh. Karena mungkin dalam sekali memasak ada yang minta kepedasannya berbeda-beda, maka yang tidak pedas akan diambil dulu, kemudian sisanya baru ditambahkan sambal.

Bagi yang mungkin tidak sempat menikmati ditempat ini, dan ingin menikmati ditempat lain, jangan kuatir, kita bisa juga minta dibungkus, nanti nasi goreng ini akan dibungkus dalam styrofoam sehingga dibawa pulang. Juga apabila anda kurang puas menikmati daging babat yang ada di nasi goreng, anda bisa tinggal pilih menu babat gongso, dijamin anda pasti puas menikmati daging babat ini.

Untuk menuju tempat ini anda bisa melalui jalan Letjen Suprapto, sampai melewati jembatan menuju jalan Pemuda, nah nasi goreng ini terletak disebelah kiri setelah jembatan Mberok disamping gedung keuangan Semarang.

Nasi Goreng Babat Pak Karmin
Jl. Pemuda (Samping Jembatan Mberok)
Semarang
Telp: 024 – 356 3334

Buka : 06:00 – 18:30 WIB

Bagi pengguna Blackberry, bisa langsung menggunakan link Blackberry Map dibawah ini :

http://maps.BlackBerry.com?lat=-6.96910&lon=110.42514&z=1&label=Smg+-+Nasi+Goreng+pak+Karmin&address=Jalan+Sendowo&city=Ngemplaksimongan&country=Indonesia

 semarang_nasi_goreng_babat_pak_karmin_mberok_map


Paon Mak Mo, Kuliner

Agus yang memiliki latar belakang dunia pariwisata mengawali usahanya ini ...

DE'SO, Ayam Asap End

Terletak berdekatan dengan Tanah Lot, saya menyempatkan diri untuk mencari ...

Menyisir keindahan d

Pantai Kukup Setelah dari Pantai Baron kami melanjutkan perjalanan ke pantai ...

Pesona Alam Gunung K

Pesona Gunung Kidul tidak sekedar dari kulinernya khas seperti walang ...

Pesona kuliner Madiu

Kalau anda pergi ke Madiun, pasti anda akan langsung teringat ...