Pesona Negeri

Biker, Traveller, Culinary, and Photography

Facebook
RSS

Soto merupakan makanan yang paling mudah ditemukan diberbagai daerah di Indonesia. Bahkan beberapa daerah memiliki kekhasan sendiri dan juga memiliki nama sendiri. Seperti di Tegal, soto lebih dikenal dengan sebutan sauto. Ada satu tempat yang patut dikunjungi dikota Tegal ini yaitu Warung Moro Tresno atau lebih dikenal juga dengan Sauto Pasar Senggol. Tempat ini terletak dikawasan pasar senggol alun-alun Tegal. Awalnya memang agak sulit memang mencari tempat ini karena tidak terlihat langsung di jalan, jadi harus masuk ke lorong kecil antara toko Pelangi dan pos polisi di alun-alun Tegal.

Penasaran kenapa kok disebut sauto? Apa sih bedanya sauto dengan soto pada umumnya? Sebenarnya sauto mirip dengan soto biasa, namun perbedaan mencoloknya pada kuahnya, kuah sauto ditambahkan bumbu tauco (bumbu yang biasanya dipakai sebagai bumbu swikee), nama sauto memang mengacu pada soto tauco. Menurut pemilik Moro Tresno yang memiliki nama panggilan Caup Gendut (karena memang badannya cukup subur), orang Tegal memang sangat suka dengan tauco, hampir setiap masakan ditambahkan tauco. Namun jangan kuatir bagi yang tidak suka tauco, tersedia soto tanpa bumbu tauco.

 tegal_sauto_senggol_moro_tresno_sauto_ayam

Sauto disajikan dalam mangkok kecil diatas lepek (tatakan piring kecil), isinya mirip dengan soto lainnya, daging ayam suwir, tauge, bawang prei, brambang goreng dan tentunya sebagai cirikhasnya kuahnya ditambahkan tauco, sehingga aroma tauco cukup terasa. Selain soto ayam, ada juga soto babad, nasi lengko, sop buntut, dan lain-lain. Jadi bagi yang ingin menikmati makanan selain soto juga tersedia disini.

Walaupun harus melewati lorong kecil, jangan kuatir tempat makan ini cukup luas, jadi kalau rombongan tidak perlu kuatir, karena cukup tersedia bangku-bangku disini. Demikian tempat parkir mobil juga cukup luas, karena bisa parkir disamping pos polisi. Walaupun tidak didepan persis warung, tapi rasanya pasti aman karena ada petugas parkirnya juga yang jagain, juga kan disamping pos polisi he he he.

Untuk menuju lokasi ini, anda harus mencari alun-alun tegal terlebih dahulu, kemudian setelah ketemu parkir saja disebelah pos polisi. Dari situ cari lorong antara pos polisi dan toko pelangi.

Sauto Senggol Moro Tresno
Kawasan Pasar Senggol, belakang pos polisi Alun-Alun Tegal
Kota Tegal
Telpon : 0858 668 399 06(H. M. Ghufron / Caup Gendut)

Buka : 10:00 – 21:00 WIB

Bagi pengguna Blackberry, bisa langsung menggunakan link Blackberry Map dibawah ini :

http://maps.BlackBerry.com?lat=-6.86671&lon=109.13724&z=1&label=Tegal+-+Soto+Moro+Tresno&address=Jalan+Diponegoro&city=Pesurungan+Kidul&country=Indonesia

 tegal_sauto_senggol_moro_tresno_map

One Response so far.


Paon Mak Mo, Kuliner

Makan gurami goreng, gurami bakar sudah jamak. Dimana-mana mudah dijumpai, ...

DE'SO, Ayam Asap End

Tabanan salah satu kota di Bali ternyata menyimpan satu kuliner ...

Menyisir keindahan d

Pantai Kukup Setelah dari Pantai Baron kami melanjutkan perjalanan ke pantai ...

Pesona Alam Gunung K

Pesona Gunung Kidul tidak sekedar dari kulinernya khas seperti walang ...

Pesona kuliner Madiu

Kalau anda pergi ke Madiun, pasti anda akan langsung teringat ...