Pesona Negeri

Biker, Traveller, Culinary, and Photography

Facebook
RSS

Di Purwokerto, ada makanan yang cukup khas juga namanya yaitu soto Ayam Jalan Bank. Entah kenapa disebut jalan Bank, padahal sebenarnya nama jalannya bukan jalan Bank tapi Jalan RA. Wirjaatmaja. Tapi anehnya di Purwokerto lebih familiar dengan sebutan Jalan Bank. Namun yang pasti disalahsatu ujung jalan ini terletak diantara museum bank BRI, dan Bank BRI, mungkin inilah yang menyebabkan disebut Jalan Bank.

 purwokerto_soto_jalan_bank_h_loso_museum



Disepanjang jalan ini banyak sekali penjual soto ayam. Yang cukup terkenal yaitu Soto Ayam H. Loso dan Soto Ayam p. Sungeb. Yang masing-masing memiliki lebih dari satu tempat dijalan ini.

Pada kesempatan ini kami mencicipi soto Ayam Jalan Bank H. Loso. Walaupun Soto Ayam Jalan Bank H. Loso ada dibeberapa lokasi, tapi tetap saja dimasaknya disatu tempat, di masing-masing tempat tinggal mencampur saja, jadi tidak ada perbedaan rasa, jadi anda bebas memilih lokasi yang mana.

purwokerto_soto_jalan_bank_h_loso_papan_nama
purwokerto_soto_jalan_bank_h_loso_penjual


 Soto Ayam Jalan Bank memiliki keunikan dibanding soto lain, soto ini memang aliran soto Sokaraja/Banyumasan, karena ada bumbu kacang, tauge, soun, krupuk warna-warni(biasanya merah) yang ditabur diatas soto. Namun disini ada tambahan krupuk panjang kuning yang dipotong kecil-kecil.  Rasanya sih cukup enak apalagi setelah ditambahkan bumbu kacang, disini rasa sotonya tidak manis jadi bila anda ingin manis, tinggal ditambahkan kecap manis.


 purwokerto_soto_jalan_bank_h_loso_soto-ayam



Ditempat ini cukup banyak foto-foto yang dipajang, termasuk Bapak Presiden Susilo Bambang Yudoyono dan tokoh-tokoh lain yang pernah mengunjungi tempat ini.

purwokerto_soto_jalan_bank_h_loso_foto_pejabat
purwokerto_soto_jalan_bank_h_loso_foto_sby



Untuk menuju lokasi ini, dari alun-alun Purwokerto, anda tinggal mencari Museum BRI, jalan Bank (RA Wirjaatmaja) terletak diantara Museum BRI dan Bank BRI.

purwokerto_soto_jalan_bank_h_loso_lokasi



Soto Ayam Jalan Bank H. Loso

Jl. RA Wiriatmaja 14/15, Purwokerto, Jawa Tengah
Telp : 0281 – 639353
Buka : 10:00 – 21:00 WIB

Bagi pengguna Blackberry, bisa langsung menggunakan link Blackberry Map dibawah ini :

http://maps.BlackBerry.com?lat=-7.42257&lon=109.22623&z=0&label=Purwokerto+-+Soto+ayam+bank+H.+Loso&desc=Jl.+RA+Wiratmaja+14-15&city=Purwokerto+Barat&country=Indonesia


purwokerto_soto_ayam_jalan_bank_h_loso_maps


Paon Mak Mo, Kuliner

Makan gurami goreng, gurami bakar sudah jamak. Dimana-mana mudah dijumpai, ...

DE'SO, Ayam Asap End

Tabanan salah satu kota di Bali ternyata menyimpan satu kuliner ...

Menyisir keindahan d

Pantai Kukup Setelah dari Pantai Baron kami melanjutkan perjalanan ke pantai ...

Pesona Alam Gunung K

Pesona Gunung Kidul tidak sekedar dari kulinernya khas seperti walang ...

Pesona kuliner Madiu

Kalau anda pergi ke Madiun, pasti anda akan langsung teringat ...