Pesona Negeri

Biker, Traveller, Culinary, and Photography

Facebook
RSS

Setelah menikmati prosesi matahari terbit di Gardu Pandang,  kami melanjutkan perjalanan untuk melihat telaga warna, namun ternyata loket masih tutup sehingga kami memutuskan beralih ke tempat lain.

Tak lama kami sampai pintu gerbang obyek wisata Banjarnegara, memang gunung Dieng sebenarnya dikelola dua kabupaten, Dieng Kulon dikelola oleh Kabupaten Banjarnegara, sedangkan Dieng Wetan dikelola Kabupaten Wonosobo.

pesona_alam_dieng_gerbang_wisata_dieng_banjarnegara

Setelah melewati gerbang masuk wisata Banjarnegara, ada penunjuk arah yang salahsatunya menuju ke arah Kawah Sikidang, maka kami memutuskan untuk melihat kawah Sikidang terlebih dahulu. Namun mungkin karena terlalu pagi, jadi tidak ada penjaga loket digerbang masuk kawah Sikidang, sehingga kami disuruh langsung masuk oleh orang orang sekitar.

pesona_alam_dieng_gerbang_masuk_kawah_sikidang

Nama Sikidang sendiri diambil dari nama pangeran Kidang Garungan, yang legendanya adalah pangeran yang berkepala kidang (rusa). Sang pangeran yang melamar putri Shinta Dewi, dan karena sang pangeran terkenal kaya raya, sang putri menerima. Tapi setelah mengetahui sang pangeran bukanlah pangeran yang tampan, maka sang putri berusaha menolak dengan mengajukan syarat agar sang pangeran membuatkan sumur yang dalam, dan sewaktu sang pangeran menggali sumur, sang putri dan pembantunya menimbun pangeran tersebut. Sebelum meninggal pangeran sempat mengutuk bahwa keturunan sang putri akan berambut gembel dan tempat pangeran ditimbun berubah menjadi kawah SiKidang.

pesona_alam_dieng_kawah_sikidang2

Namun ada juga cerita lain, nama Sikidang ini diberikan dikarenakan semburan uap dari kawah sering berpindah-pindah seperti kidang (rusa), sehingga kawah ini dinamakan Sikidang.

Jadi silakan dipilih sendiri mana yang menurut anda yang paling benar darinama Sikidang berasal.

pesona_alam_dieng_kawasan_kawah_sikidang
pesona_alam_dieng_kawah_sikidang

Disarankan agar memakai masker kalau menuju kawah SiKidang, karena dikomplek ini bau belerang cukup menyengat, disepanjang jalan ada jalan yang masih mengeluarkan asap, menurut orang sekitar, kita bisa memasak telor disana. Jadi pastikan juga bawa telor dan wajannya, lumayan buat sarapan pagi sambil menghangatkan diri 🙂

pesona_alam_dieng_batu_asap

Berikut adalah lokasi kawah Sikidang, apabila anda pengguna Blackberry Map, maka bisa langsung menggunakan link dibawah ini

http://maps.BlackBerry.com?lat=-7.22027&lon=109.90410&z=4&label=Dieng+-+Lokasi+kawah+sikidang

pesona_alam_dieng_kawah_sikidang_maps


Paon Mak Mo, Kuliner

Makan gurami goreng, gurami bakar sudah jamak. Dimana-mana mudah dijumpai, ...

DE'SO, Ayam Asap End

Tabanan salah satu kota di Bali ternyata menyimpan satu kuliner ...

Menyisir keindahan d

Pantai Kukup Setelah dari Pantai Baron kami melanjutkan perjalanan ke pantai ...

Pesona Alam Gunung K

Pesona Gunung Kidul tidak sekedar dari kulinernya khas seperti walang ...

Pesona kuliner Madiu

Kalau anda pergi ke Madiun, pasti anda akan langsung teringat ...