Pesona Negeri

Biker, Traveller, Culinary, and Photography

Facebook
RSS

Di kota Ponorogo sangat disayangkan apabila tidak menikmati sate ayam yang merupakan makanan khas di kota ini dan telah popular di berbagai kota diseluruh Indonesia. Ada beberapa pusat sate di ponorogo yaitu jalan lawu gang 1 atau biasanya disebut gang sate (penerus sate Sobikun), pertigaan Ngepos (umumnya berasal dari Desa Purbosuman, penerus Sate Bagong)  dan Setono (salahsatu desa diponorogo).

Pada kesempatan ini kami mencoba menikmati sate yang berada di gang sate, yaitu sate ayam H. Tukri Sobikun, hampir semua penjual sate digang ini memakai embel-embel nama Sobikun. P. Sobikun memang terkenal sebagai tokoh penjual sate di Ponorogo selain p. Bagong dan p. Siboen.

ponorogo_sate_ayam_h_tukri_sobikun_papan_nama

Sate Ayam Ponogoro memiliki kekhasan yaitu selalu menggunakan ayam kampung asli, tusuk satenya menggunakan lidi, dan dagingnya ayamnya sudah berasa gurih/manis walaupun tanpa bumbu dan biasanya dimakan dengan lontong/kupat.

ponorogo_sate_ayam_h_tukri_sobikun_sate_ayam

Dan yang paling istimewa bila anda membeli untuk dibawa pulang, bumbu satenya diberikan dalam kondisi kering, jadi mirip bumbu pecel/gado-gado. Rasa bumbunya manis dan sedikit pedas.

 ponorogo_sate_ayam_h_tukri_sobikun_bumbu_kering

Sate Ayam H. Tukri Sobikun ini cukup terkenal, bahkan presiden SBY sempat makan di tempat ini. Hal ini bisa dilihat di foto-foto yang dipajang di tempat ini.

 ponorogo_sate_ayam_h_tukri_sobikun_foto

Apabila melihat bumbu yang diletakkan di bak yang cukup besar, bisa dibayangkan berapa banyak sate yang terjual sehari. Dan uniknya sate dibungkus dengan menggunakan besek yang katanya bisa tahan sampai 3 hari.

 ponorogo_sate_ayam_h_tukri_sobikun_pesanan

Yang pasti sate ayam disini memang cukup enak dan empuk serta besar-besar ukurannya. Dan yang menggembirakan adalah bumbunya disediakan dalam mangkok sehingga rasanya tidak mungkin kekurangan bumbu.

ponorogo_sate_ayam_h_tukri_sobikun_sate_ayam2

Demikian juga irisan brambang juga disediakan dalam mangkok tersendiri.

 ponorogo_sate_ayam_h_tukri_sobikun_bawang_merah

Untuk menuju lokasi ini, apabila anda berada di Jalan Ahmad Dahlan, carilah apotik Bakti dan diseberang apotik ini ada Indomaret yang mana disebelahnya ada gang yaitu gang lawu.

ponorogo_sate_ayam_h_tukri_sobikun_indomart

Masuk ke gang ini kemudian setelah melewati gang wilis cari sebuah masjid dan didepan masjid ini ada gapura merah yang tertuliskan selamat datang di gang sate. Masuk ke gang ini kira-kira 100 m disebelah kiri.

 ponorogo_sate_ayam_h_tukri_sobikun_gang_masuk

Walaupun menggunakan mobil jangan kuatir untuk tetap masuk ke gang ini karena area parkir di warung ini cukup luas

 ponorogo_sate_ayam_h_tukri_sobikun_lokasi

Selain sate, sebenarnya ada yang ingin kami nikmati diponorogo yaitu dawet jabung (Jabung adalah salahsatu daerah di Ponorogo) yang terkenal dengan cerita lepeknya, tapi sayang sewaktu sampai disana sudah pada tutup, maklum kami sampai disana lewat dari jam 5 sore.

 

Sate Ayam H. Tukri Sobikun

Jl. Lawu Gg 1 No 43 K Nologaten

Telp : 0352 – 482362

Buka 24 Jam

Bagi pengguna Blackberry, bisa langsung menggunakan link Blackberry Map dibawah ini :

http://maps.BlackBerry.com?lat=-7.86078&lon=111.47170&z=1&label=Ponorogo+-+sate+tukri+sokibun&city=Babadan&country=Indonesia

ponorogo_sate_ayam_h_tukri_sobikun_maps


 

Menyisir keindahan d

Pantai Kukup Setelah dari Pantai Baron kami melanjutkan perjalanan ke pantai ...

Pesona Alam Gunung K

Pesona Gunung Kidul tidak sekedar dari kulinernya khas seperti walang ...

Pesona Kuliner Gunun

Daerah Gunung Kidul merupakan daerah berhasil memanfaatkan dari sesuatu yang ...

Pesona kuliner Madiu

Kalau anda pergi ke Madiun, pasti anda akan langsung teringat ...

Pesona Kuliner Madiu

Bila anda berada dikota Madiun, ada satu tempat kuliner yang ...