Pesona Negeri

Biker, Traveller, Culinary, and Photography

Facebook
RSS

Dikota Kebumen, ada sate ayam yang bumbunya agak berbeda dengan sate lain. Sate ayam ini menggunakan bumbu dari bahan tempe. Sate ini dinamakan sate ambal, karena memang berasal dari daerah Ambal tepatnya desa Ambalresmi, kecamatan Ambal. Yang terkenal adalah sate ambal P. Kasman. Saat ini yang berjualan merupakan anak-anak dari P. Kasman. P. Kasman sendiri sebenarnya merupakan generasi ketiga, ayahnya bernama P. Sabar dan kakeknya P. Samikin yang merupakan tokoh sate ambal.

Kebetulan sewaktu melakukan perjalanan lintas selatan Surabaya – Jakarta, pada saat melewati daerah Kutowinangun, sebelum masuk kota Kebumen, terlihat tempat makan dengan papan nama Sate Ambal P. Kasman. Sebenarnya di Kebumen juga ada sate ambal P. Kasman, dan juga pengen mencoba yang di Desa Ambalresmi, Kecamatan Ambal, tapi mumpung sudah ketemu, diputuskan untuk mencoba beli sate tersebut.

kutowinangun_sate_ambal_1

Rasa sate ayamnya lumayan enak, ditambah bumbunya yang terus terang belum pernah saya coba sebelumnya, menambah sensasi kenikmatan sate ini.

 kutowinangun_sate_ambal_2

Lokasi sate ini berada di daerah kutowinangun, berada disebelah kiri jalan jika kita berangkat dari arah Surabaya–Jakarta.

warungp-kasman

Untuk pengguna Blackberry, bisa langsung menggunakan location Blackberry Map dibawah ini.

http://maps.BlackBerry.com?lat=-7.72026&lon=109.73279&z=3&label=Kutowinangun-Sate+ambal+pak+kasman&desc=Jl+raya+kutowinangun+178-kebumen&phone=085959570085-085228261908

map_kutowinangun_sate_ambal_pak_kasman

2 Responses so far.

  1. Joko Patmono says:

    Sate Ambal memang sudah menjadi bagian dari Wisata Kuliner. Sambalnya yang khas membuat makanan ini sangat melekat dan “different” dengan kuliner yang lain. Cuma bagaimana menaikkan “brand” ini go nasional syukur go internasional.

    • efendi says:

      Yup, negeri kita ini memang kaya akan kuliner-kuliner dengan cita rasa yang khas. Tugas kita yang paling mungkin dilakukan adalah mau mencicipi kuliner tersebut dan menyebarkan ke teman-teman kita.
      Thanks atas feedbacknya..Selamat berkuliner 🙂


Paon Mak Mo, Kuliner

Makan gurami goreng, gurami bakar sudah jamak. Dimana-mana mudah dijumpai, ...

DE'SO, Ayam Asap End

Tabanan salah satu kota di Bali ternyata menyimpan satu kuliner ...

Menyisir keindahan d

Pantai Kukup Setelah dari Pantai Baron kami melanjutkan perjalanan ke pantai ...

Pesona Alam Gunung K

Pesona Gunung Kidul tidak sekedar dari kulinernya khas seperti walang ...

Pesona kuliner Madiu

Kalau anda pergi ke Madiun, pasti anda akan langsung teringat ...