Pesona Negeri

Biker, Traveller, Culinary, and Photography

Facebook
RSS

Desa Gajahmati, Pati memang terkenal dengan penjual nasi gandul yang merupakan makanan khas Pati, Jawa Tengah. Menurut cerita nasi gandul dipopulerkan oleh P. Meled dari desa Gajahmati, huruf e pada Meled dilafalkan sesuai lafal e di mesin (dalam bahasa jawa e pepet), jadi jangan sampai salah menyebutnya dengan lafal e pada pena. Dalam kesempatan ini kami mencoba nasi gandul p. Meled dijalan Panunggulan Pati.

Dijalan ini memang terdapat banyak penjual nasi gandul seperti p.Bakri (Miroso), p. Sardi (Romantis), dll. Nasi Gandul P. Meled menempati komplek semacam ruko, tempatnya cukup luas karena terdiri dari dua Ruko.

 pati_nasi_gandul_pak_meled_lokasi

Nasi Gandul p. Meled memiliki cita rasa kuah agak pedas dan sedikit manis, dengan campuran yang bisa dipilih seperti empal, kikil, telor, dll.

Yang istimewa disini adalah tersedianya klepon, jangan bayangkan klepon adalah makanan yang terbuat dari tepung beras yang berwarna hijau dengan gula ditengahnya, tapi merupakan istilah daging sapi yang dibakar. Menurut penjualnya klepon merupakan cirikhas di sini karena tidak semua penjual nasi gandul menyediakan ini.

Saat ini memang yang berjualan bukan p. Meled, tapi putra p.Meled atau lebih tepatnya menantunya yang bernama P. Sutopo. Orangnya cukup ramah dan senang bercerita, termasuk bercerita mengenai sejarah nasi gandul, yang menurut versinya, dulu Bapaknya waktu berjualan tidak menetap seperti sekarang, tapi keliling dengan memikul kuah dan nasinya dan juga waktu itu belum ada namanya, sehingga sering ditanya orang apa yang gemandul itu (yang menggantung dipikulan). Dari situ lama-lama disebut nasi gandul.

 pati_nasi_gandul_pak_meled_penjual

Untuk menuju tempat ini, kalau anda dari Surabaya, didekat gapura selamat datang, anda bisa belok ke kiri, ikuti jalan ini terus, setelah anda melewati nasi gandul H Warsimin disebelah kiri, anda lurus saja lalu belok kanan, disebelah kiri ada ruko-ruko kecil dan akan terlihat spanduk yang bertuliskan nasi gandul (putra) p. Meled.

Nasi Gandul H. A. Warsimin
Jl. Panunggulan Kios No 9-10
Pati

Rumah :
Ds Gajahmati RT 2 RW 1
Pati

Telp: 0852 261 76003

Buka 16:00 – 21:00 WIB

Bagi pengguna Blackberry, bisa langsung menggunakan link Blackberry Map dibawah ini :

http://maps.BlackBerry.com?lat=-6.75820&lon=111.04533&z=1&label=Pati+-+Nasi+Gandul+Pak+Meled&address=Jalan+Panunggulan&city=Semampir&country=Indonesia

 pati_nasi_gandul_pak_meled_map


Paon Mak Mo, Kuliner

Makan gurami goreng, gurami bakar sudah jamak. Dimana-mana mudah dijumpai, ...

DE'SO, Ayam Asap End

Tabanan salah satu kota di Bali ternyata menyimpan satu kuliner ...

Menyisir keindahan d

Pantai Kukup Setelah dari Pantai Baron kami melanjutkan perjalanan ke pantai ...

Pesona Alam Gunung K

Pesona Gunung Kidul tidak sekedar dari kulinernya khas seperti walang ...

Pesona kuliner Madiu

Kalau anda pergi ke Madiun, pasti anda akan langsung teringat ...