Pesona Negeri

Biker, Traveller, Culinary, and Photography

Facebook
RSS

Kota Pati terletak di propinsi Jawa Tengah, di antara kota Kudus dan kota Rembang, kota ini memang memiliki daya tarik tersendiri, karena terdapat dua pabrik kacang yang menguasai penjualan kacang dalam kemasan secara nasional. Namun ternyata selain itu ada juga yang tidak boleh dilupakan dikota ini, kota ini terkenal dengan kuliner yang khas yaitu Nasi Gandul.

Lalu kenapa dinamakan Nasi Gandul? Ada banya versi mengenai ini, ada yang mengatakan karena dulu penjual nasi gandul menggunakan pikulan sehingga nasi dan kuahnya nya dibawa secara menggantung (dalam bahasa jawa : gemandul/gandul). Ada juga yang mengatakan karena nasi dan kuahnya tidak langsung ditaruh diatas piring, tapi dialasi daun pisang terlebih dahulu, sehingga kuah dan nasi tersebut seperti menggantung diatas piring. Banyak juga versi-versi yang lain. Jangan bingung yang benar yang mana, tapi biarlah ini menjadi bumbu-bumbu cerita yang menambah kenikmatan nasi gandul itu sendiri.

Menurut cerita, nasi gandul dipopulerkan oleh p. Meled yang berasal dari Desa Gajahmati, desa ini memang terdapat banyak penjual nasi Gandul, banyak penjual yang terkenal yang berasal dari sini seperti Nasi Gandul P. Meled, Romantis (p. Sardi), Miroso (P. Bakri). Kebanyakan saat ini berjualan di jalan Panunggulan.

Pada kesempatan ini kami mencoba Nasi Gandul H. Warsimin di jalan Kyai Pupus tidak jauh dari Panunggulan, karena kebetulan waktu itu yang kami sebutkan diatas masih belum buka. Mungkin karena kami datang siang hari dan kebanyakan penjual nasi gandul berjualan sore hari.

 pati_nasi_gandul_ha_warsimin_lokasi

Nasi Gandul adalah nasi yang diberi kuah berwarna kecoklatan dengan lauk yang bisa berupa daging, babat, jerohan sapi. Penyajiannya selalu didalam piring yang dialasi daun pisang, ini merupakan cirikhas nasi gandul. Kenikmatan nasi gandul memang terletak di kuahnya yang manis dan sedap serta panas karena langsung diambil dari dandang/tempat kuah yang didekat meja. Anda juga bisa melengkapi dengan aneka lauk tambahan yang tersedia dimeja seperti perkedel, tempe.

Untuk menuju tempat ini, kalau anda dari Surabaya, didekat gapura selamat datang, anda bisa belok ke kiri, ikuti jalan ini terus, lokasinya terletak disebelah kiri jalan didekat pom bensin.

Nasi Gandul H. A. Warsimin
Jl. Kyai Pupus 33, Desa Gajah Mati RT 03/02
Pati
Telp: 0813 255 163 73

Buka : 04:00 – 16:30 WIB

Bagi pengguna Blackberry, bisa langsung menggunakan link Blackberry Map dibawah ini :

http://maps.BlackBerry.com?lat=-6.75740&lon=111.04617&z=1&label=Pati+-+Nasi+Gandul+Pati+H.+Warsimin&address=Jalan+Kyai+Pupus&city=Semampir&country=Indonesia

 pati_nasi_gandul_ha_warsimin_map


Paon Mak Mo, Kuliner

Makan gurami goreng, gurami bakar sudah jamak. Dimana-mana mudah dijumpai, ...

DE'SO, Ayam Asap End

Tabanan salah satu kota di Bali ternyata menyimpan satu kuliner ...

Menyisir keindahan d

Pantai Kukup Setelah dari Pantai Baron kami melanjutkan perjalanan ke pantai ...

Pesona Alam Gunung K

Pesona Gunung Kidul tidak sekedar dari kulinernya khas seperti walang ...

Pesona kuliner Madiu

Kalau anda pergi ke Madiun, pasti anda akan langsung teringat ...