Pesona Negeri

Biker, Traveller, Culinary, and Photography

Facebook
RSS

Bila ada dalam perjalanan dari kota Magelang menuju Jogjakarta, ada satu tempat kuliner yang layak dikunjungi yaitu Brongkos bu Padmo, terletak di pasar Tempel Sleman. Salahsatu makanan khas Jogjakarta yang mungkin agak sulit di temukan di daerah lain terutama di Jawa Timur.

 sleman_brongkos_warung_ijo_bu_padmo_lokasi

Mungkin bagi anda yang bukan orang Jogjakarta / Jawa Tengah, akan bertanya apa sih brongkos itu? Malah sebagian orang akan menyamakan dengan brengkesan / pepes. Tapi yang dimaksud brongkos di sini sama sekali berbeda dengan pepes, modelnya sepintas mirip dengan rawon yang merupakan makanan khas Jawa Timur, karena terdiri dari daging sapi dan warna kuahnya agak hitam karena sama sama menggunakan kluwek sebagai salahsatu bumbu, namun kuahnya tidak sebanjir nasi rawon. Untuk rasanya memang agak berbeda dengan rawon, menurut kami rasanya malah cenderung ke arah gudeg berkuah tapi ini mungkin karena kami pesan yang lengkap sehingga mendapatkan tambahan yang biasanya ada di nasi gudeg seperti krecek, telor, tahu dan kacang tolo. Yang pasti rasa brongkos juga tak kalah enak dengan nasi rawon / nasi gudeg. Harga brongkos per porsi Rp 14,000, untuk yang lengkap rp 22,000 per porsi.

 sleman_brongkos_warung_ijo_bu_padmo_nasi

Suasana warung yang bernuansa hijau membuat julukan warung ijo benar-benar klop, dan walaupun sederhana, warung ini cukup ramai, beruntung kami masih kebagian karena kami sendiri datang ke sana pada saat-saat mau tutup. Bagi anda yang pertama kali ke sini, hati-hati kelewatan karena letaknya bukan di jalan utama, tapi di bawah jembatan layang, bila dari Magelang di sebelah kiri jembatan Krasak. Namun bila anda kesulitan menemukannya, anda bisa makan di cabangnya yang berada di jalan utama, kalau dari Magelang, setelah melewati jembatan krasak akan terlihat warung ini di sebelah kanan jalan, jadi anda harus putar balik dulu untuk menuju warung ini.

 sleman_brongkos_warung_ijo_bu_padmo_suasana

Untuk menuju tempat ini kalau dari Magelang, anda akan melalui jalan laying sekaligus jembatan Krasak, setelah melewati sungai Krasak, nanti akan ada jalan ke kiri, anda belok saja ke jalan ini, jalan ini merupakan Jalan Turi. Warung ini berada di kiri jalan.

Brongkos Warung Ijo Bu Padmo
Jl. Turi Km 0.1 Kromodangsan Tempel Sleman
Jogjakarta – Indonesia

Cabang :
Jl. Jogja Magelang Km 18 Lumbungrejo Tempel Sleman
Jogjakarta – Indonesia

Telp : 0818 0432 5109, 0878 3404 3127 (Nugroho PS)
Buka : 07:30-19:30 WIB

Bagi pengguna Blackberry, anda bisa menggunakan link Blackberry Map dibawah ini :
( Copy link ini dan emailkan ke alamat email di blackberry anda, anda tinggal mengklik link tersebut yang telah anda terima melalui email maka Maps Blackberry anda akan langsung terarah di lokasi yang dimaksud )

http://maps.BlackBerry.com?lat=-7.64620&lon=110.32540&z=0&label=Sleman+-+Brongkos+bu+Padmo&address=Jalan+Tempel+-+Pakem&city=Lumbung+Rejo&country=Indonesia

 sleman_brongkos_warung_ijo_bu_padmo_map

Bagi anda pengguna google map, silakan menggunakan link berikut :

https://maps.google.co.id/maps?q=-7.64620,110.32540%20(Brongkos Warung Ijo bu Padmo)


View Larger Map


Paon Mak Mo, Kuliner

Makan gurami goreng, gurami bakar sudah jamak. Dimana-mana mudah dijumpai, ...

DE'SO, Ayam Asap End

Tabanan salah satu kota di Bali ternyata menyimpan satu kuliner ...

Menyisir keindahan d

Pantai Kukup Setelah dari Pantai Baron kami melanjutkan perjalanan ke pantai ...

Pesona Alam Gunung K

Pesona Gunung Kidul tidak sekedar dari kulinernya khas seperti walang ...

Pesona kuliner Madiu

Kalau anda pergi ke Madiun, pasti anda akan langsung teringat ...