Pesona Negeri

Biker, Traveller, Culinary, and Photography

Facebook
RSS

Purwodadi adalah sebuah kota di Jawa Tengah yang letaknya dekat dengan kota Semarang dan kota Blora. Kota ini terkenal sebagai pusatnya swike, bagi anda yang tidak ada pantangan dengan kodok, jangan lewatkan kesempatan mencicipi kuliner khas Purwodadi ini. Kami sendiri sewaktu di Purwodadi mencobanya di salahsatu penjual swike yaitu swike Cik Ping, dengan embel-embel tulisan di papan namanya “sejak tahun 1901”. Membuat kita ingin mencoba gimana sih rasanya swike yang usianya sudah seabad lebih tapi masih bertahan sampai sekarang.

 purwodadi_swike_purwodadi_cik_ping_lokasi

Dalam papan menu yang terpampang di dinding dan menu yang ada di meja, ada berbagai macam varian swike di sini, seperti swike kuah, goreng tepung, goreng mentega, pepes bahkan rambak swike. Kami sendiri memesan swike kuah, goreng tepung, pepes dan rambak swike. Swike kuahnya cukup enak, bumbu taoconya cukup terasa, demikian juga untuk swike goreng cukup renyah. Yang menarik penyajian nasinya bukan menggunakan piring/mangkok kecil tapi menggunakan mangkok sedang.

 purwodadi_swike_purwodadi_cik_ping_menu

Tempat ini benar-benar tidak memberikan kesempatan tembok kosong tanpa hiasan, hampir semua tembok terisi foto dan lukisan. Tampak foto Cik Ping mendominasi di foto-foto tersebut. Kami sendiri kurang begitu mengerti Cik Ping sendiri sudah generasi keberapa?

 purwodadi_swike_purwodadi_cik_ping_foto

Dengan beberapa patung kodok yang dipajang mulai dari pintu masuk sampai di meja kasir, orang akan langsung bisa menebak bahwa tempat ini berjualan kodok. Selain itu tampak juga dua guci besar mirip barang antik di dekat pintu, mungkin ini dipasang untuk menambahkan kesan bahwa tempat ini sudah ada sejak lama.

 purwodadi_swike_purwodadi_cik_ping_patung

Sebagai kota swike, anda dapat dengan mudah menemukan penjual swike di kota ini, tidak usah jauh jauh di jalan tempat swike Cik Ping berada, di sebelahnya juga ada penjual swike, bahkan menurut tukang parkir di jalan utama kalau sore hari banyak penjual swike kaki lima di jalan-jalan. Jadi rugi kalau ke Purwodadi sampai melewatkan kesempatan untuk menikmati swike.

 purwodadi_swike_purwodadi_cik_ping_warung

Untuk menuju tempat ini kalau dari kota Blora, sewaktu anda memasuki kota Purwodadi, di perempatan sebelum alun-alun Purwodadi belok ke kanan, nanti sewaktu ketemu perempatan kedua belok ke kiri, jalan ini merupakan jalan Kol Sugiono, tempat ini berada di sebelah kanan jalan hampir mendekati pertigaan jalan Ahmad Yani, di seberang depot AA.

Swike Purwodadi Cik Ping
Jl. Kol Sugiono No 11
Purwodadi – Jawa Tengah
Indonesia
Phone: 0292 – 421 294
Buka : 07:00 – 21:00 WIB

Bagi pengguna Blackberry, anda bisa menggunakan link Blackberry Map dibawah ini :
( Copy link ini dan emailkan ke alamat email di blackberry anda, anda tinggal mengklik linktersebut yang telah anda terima melalui email maka Maps Blackberry anda akan langsung terarah di lokasi yang dimaksud )

http://maps.BlackBerry.com?lat=-7.08251&lon=110.91389&z=1&label=Purwodadi+-+Swike+Purwodadi+Cik+Ping&address=Jalan+Jenderal+Ahmad+Yani&city=Karangannyar&country=Indonesia

 purwodadi_swike_purwodadi_cik_ping_map

Bagi anda pengguna google map, silakan menggunakan link berikut :

https://maps.google.co.id/maps?q=-7.08251,110.91389%20(Swike Purwodadi Cik Ping)


View Larger Map>


Paon Mak Mo, Kuliner

Makan gurami goreng, gurami bakar sudah jamak. Dimana-mana mudah dijumpai, ...

DE'SO, Ayam Asap End

Tabanan salah satu kota di Bali ternyata menyimpan satu kuliner ...

Menyisir keindahan d

Pantai Kukup Setelah dari Pantai Baron kami melanjutkan perjalanan ke pantai ...

Pesona Alam Gunung K

Pesona Gunung Kidul tidak sekedar dari kulinernya khas seperti walang ...

Pesona kuliner Madiu

Kalau anda pergi ke Madiun, pasti anda akan langsung teringat ...