Pesona Negeri

Biker, Traveller, Culinary, and Photography

Facebook
RSS

Bila kita sedang berada di kota Blora tentu yang terlintas pertama adalah sate Blora, sama halnya seperti kota Ponorogo, kota ini juga terkenal dengan satenya. Namun sebenarnya di Blora tidak hanya sate yang menjadi kuliner khas kota ini, kuliner lain yang patut anda coba adalah soto Kletuk. Kami sendiri mencicipi soto kletuk ini di salahsatu tempat penjual soto kletuk yaitu soto kletuk p. Galo. Soto kletuk P. Galo terletak di Jalan Gunung Sindoro yang bersimpangan dengan Jl. Pemuda (salahsatu jalan yang menuju alun alun kota Blora). Di jalan Pemuda juga banyak penjual makanan khususnya sate, di dekat alun-alun sendiri ada pujasera Gajah yang berjualan macam-macam makanan.

Apa sih soto kletuk itu? Apa bedanya dengan soto lain? Sebenarnya mirip dengan soto lain, soto ini terdiri dari tauge, irisan ayam, telor, ampela, bihun dengan kuah bening yang ditaburi kecap manis. Nah yang membedakan, soto ini ditambahkan semacam butiran-butiran coklat mirip kacang polong yang terbuat dari singkong, sehingga kalau dimakan akan menimbulkan bunyi kletuk-kletuk. Kuahnya segar dan gurih, sesuai cirikhas Jawa Tengah ada rasa manisnya.

 blora_soto_kletuk_pak_galo_soto

Selain soto kletuk, tempat ini juga berjualan seperti lodeh, nasi gandul, dll. Di meja juga tampak sate ayam, namun sepertinya sate ini titipan dari warung sebelah. Ya kalau di Blora tidak menikmati sate ayam sangat disayangkan, tapi karena agak dingin, kami memutuskan untuk menikmati sate di tempat penjual sate saja. Tentunya akan jauh lebih nikmat kalau kita makan sate yang masih hangat setelah dibakar.

Untuk menuju tempat ini kalau dari alun-alun Blora (arah ke Jawa Timur) tepatnya jalan Pemuda, belok ke kiri di belokan yang kedua (ada kantor Telkom, belokan pertama jl. Tentara Pelajar), soto ini berada di sebelah kanan jalan..

Soto Kletuk Pak Galo
Jl. Gunung Sindoro No 1C
Blora – Jawa Tengah
Indonesia
Phone: 0296 – 533 701
Buka : 05:30 – 14:30 WIB & 16:00-malam

Bagi pengguna Blackberry, anda bisa menggunakan link Blackberry Map dibawah ini :
( Copy link ini dan emailkan ke alamat email di blackberry anda, anda tinggal mengklik link tersebut yang telah anda terima melalui email maka Maps Blackberry anda akan langsung terarah di lokasi yang dimaksud )

http://maps.BlackBerry.com?lat=-6.96877&lon=111.41522&z=0&label=Blora+-+Soto+Kletuk+Pak+Galo&address=Jalan+Pemuda&city=Mlangsem&country=Indonesia

 blora_soto_kletuk_pak_galo_map

Bagi anda pengguna google map, silakan menggunakan link berikut :

https://maps.google.co.id/maps?q=-6.96877,111.41522%20(Soto Kletuk Pak Galo)


View Larger Map


Paon Mak Mo, Kuliner

Makan gurami goreng, gurami bakar sudah jamak. Dimana-mana mudah dijumpai, ...

DE'SO, Ayam Asap End

Tabanan salah satu kota di Bali ternyata menyimpan satu kuliner ...

Menyisir keindahan d

Pantai Kukup Setelah dari Pantai Baron kami melanjutkan perjalanan ke pantai ...

Pesona Alam Gunung K

Pesona Gunung Kidul tidak sekedar dari kulinernya khas seperti walang ...

Pesona kuliner Madiu

Kalau anda pergi ke Madiun, pasti anda akan langsung teringat ...