Pesona Negeri

Biker, Traveller, Culinary, and Photography

Facebook
RSS

Berbeda dengan jalur selatan-selatan Jawa Barat, kita bisa langsung melihat pantai di pinggir jalan, di sini kita kebanyakan tidak bisa langsung melihat pantai dari jalan utama, karena lokasi pantai masih beberapa ratus meter dari jalan utama. Salahsatu pantai yang agak terlihat dari jalan utama adalah pantai Suwuk Kebumen. Kami tidak mampir di pantai tersebut, kami meneruskan perjalanan kami menuju pantai Ayah.

 ayah_pantai_logending_suwuk

Untuk menuju pantai Ayah, kami melalui gunung yang jalannya penuh kelokan bahkan tak jarang kami menjumpai kelokan yang cukup tajam serta menanjak cukup tinggi. Namun semua ini terbayarkan, karena kita bisa melihat keindahan pantai Ayah dari atas gunung ini. Benar-benar indah pemandangannya, kita bisa melihat bagaimana model pantai Ayah secara keseluruhan, sayang karena jalan cukup kecil sehingga kami tidak bisa behenti untuk mencari posisi yang bagus karena harus berpas-pasan dengan kendaraan lain. Akhirnya kami terpaksa mengabadikan pemandangan tersebut dengan kondisi mobil tetap berjalan, dan bisa ditebak hasilnya juga kurang maksimal. Sebenarnya untuk menuju pantai Ayah tidak harus melalui gunung ini, tapi bisa langsung dari Tambak/Gombong, karena pantai Ayah sebenarnya terletak dibawah gunung kalau dari Tambak, namun tentu anda akan kehilangan pemandangan pantai yang indah. Karena kalau dari atas kita akan melihat dengan jelas pemandangan gabungan pantai, sungai dan hutan.

 ayah_pantai_logending_atas2

 ayah_pantai_logending_atas

Pantai Ayah sebenarnya bernama pantai Logending, namun karena berada di wilayah kecamatan Ayah maka sering disebut pantai Ayah. Entah mengapa sewaktu kami ke sana, tidak ada petugas yang jaga sehingga kami bisa masuk dengan gratis menuju parkiran di dekat tepi pantai. Kita akan melihat pantai terletak di antara sungai dan hutan, di lokasi ini banyak sekali warung-warung, jadi kalau kita kelaparan tidak kerepotan mencari makanan, juga kita bisa menyewa ATV untuk menyisiri pantai.

 ayah_pantai_logending_pantai

Selain menikmati keindahan pantai, kita juga bisa naik perahu menyisiri muara sungai Bodo untuk menikmati keindahan hutan di pantai ini. Sungai ini merupakan perbatasan wilayah Kebumen dan Cilacap. Waktu itu ada yang menawarkan kepada kami dengan harga Rp15,000 per orang, harga tersebut belum kami tawar, karena kami memang tidak sempat menyisiri sungai berhubung terbatasnya waktu kami. Dengan perahu tersebut selain mengelilingi sungai kita juga akan mampir ke tempat pelelangan ikan yang letaknya memang diseberang tempat parkir mobil. Di tempat tersebut kita bisa membeli ikan segar karena di sana tempat berkumpulnya nelayan-nelayan yang telah mendarat, banyak pulang warung-warung dan pemainan-permainan yang bisa dinikmati seperti naik kuda, dll. Sayang memang kami tidak sempat mampir ke pelelangan ikan karena kalau kami lihat dari atas gunung kelihatannya pantai di pelelangan ikan cukup bagus, pasirnya putih. Mungkin kalau ada pembaca yang pernah ke sana, di share ya ceritanya.

 ayah_pantai_logending_tpi

Setelah puas menikmati pemandangan di pantai Ayah, kamipun melanjutkan pejalanan kembali, kami mengakhiri perjalanan selatan selatan kami, yang sebenarnya kalau diteruskan bisa menuju ke pantai penyu di Cilacap. Kami menuju ke jalur selatan (jalur utama) atau tepatnya pertigaan daerah Tambak yang nantinya akan ketemu dengan toko Bianglala. Daerah Tambak ini terkenal dengan sate bebek, salahsatu dulu yang pernah kami coba adalah sate bebek P. Encus, namun karena untuk menuju sate bebek pak Encus, kami harus belok ke kanan (arah balik menuju Jogja), maka kami memutuskan belok ke kiri (menuju Jabar), dan di sana juga sudah menanti bakmi Nyemek bu Seto di daerah Buntu yang sudah kami bahas dalam tulisan kami sebelumnya.

 ayah_pantai_logending_tambak

Pantai Logending
Muara sungai Bodo
Kecamatan Ayah, Kebumen.

Bagi pengguna Blackberry, anda bisa menggunakan link Blackberry Map dibawah ini :
( Copy link ini dan emailkan ke alamat email di blackberry anda, anda tinggal mengklik link tersebut yang telah anda terima melalui email maka Maps Blackberry anda akan langsung terarah di lokasi yang dimaksud )

http://maps.BlackBerry.com?lat=-7.72370&lon=109.39379&z=1&label=Pantai+Logending&city=Ayah&country=Indonesia

 ayah_pantai_logending_map

Bagi anda pengguna google map, silakan menggunakan link berikut :

https://maps.google.co.id/maps?q=-7.72370,109.39379%20(Pantai Logending / Ayah)


View Larger Map


Paon Mak Mo, Kuliner

Makan gurami goreng, gurami bakar sudah jamak. Dimana-mana mudah dijumpai, ...

DE'SO, Ayam Asap End

Tabanan salah satu kota di Bali ternyata menyimpan satu kuliner ...

Menyisir keindahan d

Pantai Kukup Setelah dari Pantai Baron kami melanjutkan perjalanan ke pantai ...

Pesona Alam Gunung K

Pesona Gunung Kidul tidak sekedar dari kulinernya khas seperti walang ...

Pesona kuliner Madiu

Kalau anda pergi ke Madiun, pasti anda akan langsung teringat ...