Pesona Negeri

Biker, Traveller, Culinary, and Photography

Facebook
RSS

Beberapa waktu lalu sewaktu kami berlibur ke Malaysia, salahsatu tujuan kami adalah ke Johor Bahru, daerah ini terletak di perbatasan dengan Singapura. Mungkin dulu daerah kurang diperhitungkan sebagai tujuan wisata apalagi kawasan didekat second link menuju Singapura, namun saat ini tampaknya Malaysia sedang membangun kawasan ini, yang terkenal dengan nama Iskandar Malaysia Project. Terlihat banyak sekali bangunan baru disana, dan juga jalan-jalan baru yang cukup lebar yang dibangun. Saking banyaknya bangunan baru, bahkan sang sopir taxipun yang kami tumpangi sampai berkata terkadang dia tidak tahu tempat yang dituju oleh sang penumpang walaupun dia sudah puluhan tahun tinggal di Johor Bahru.

Beberapa tempat yang bisa anda kunjungi di Johor adalah Legoland, Hello Kitty Town, Johor Premium Outlet, dll. Johor Premium Outlet merupakan tempat berkumpulnya outlet-outlet dari merk-merk terkenal. Bagi anda yang suka berbelanja, jangan lewatkan untuk berburu barang di sini, karena tempat ini memang surganya berbelanja, selain banyak merk-merk terkenal di sini, juga banyak diskon yang ditawarkan oleh masing-masing outlet.

 johorbahru_iskandar_project

Namun di Johor sebagai wisatawan kita belum senyaman di Singapura atau Kualalumpur. Sarana transportasi publik belum seperti di Singapura atau Kualalumpur, karena masih hanya mengandalkan bus dan itupun belum tentu semua area terjangkau. Jadi di Johor kalau mau nyaman mau tidak mau harus menggunakan taxi sebagai sarana transportasi. Di Johor ada dua jenis taxi yaitu taxi berwarna merah dan biru. Untuk taxi berwarna biru kelasnya lebih premium dan harganya jauh lebih mahal dibandingkan dari Taxi Merah. Mungkin karena rata-rata taxi biru memang mobilnya lebih bagus dibanding taxi merah, maka tarifnya lebih premium. Jadi kalau mau murah cari taxi warna merah saja. Sama seperti beberapa negara, di Johor juga mengenai night surcharge, jadi kalau anda berpergian dini hari (00:00 – 06:00) akan dikenakan tambahan charge 50% dari harga normal.

Kami sendiri menginap di sebuah hotel di kawasan Taman Nusa Bestari, Skudai, dekat dengan pusat perbelanjaan Tesco dan Giant. Dari bandara Senai, JohorBahru kami menggunakan taxi untuk menuju hotel ini. Kami sengaja memilih hotel disini, karena memang masih belum banyak pilihan hotel yang di kawasan Legoland, maklum saat itu Legoland juga baru jadi. Di dekat hotel ini kalau malam banyak penjual aneka barbeque, terutama di dekat kawasan Giant. Kami sendiri sempat membeli beberapa jenis makanan seperti cumi, sayap ayam, dll karena kepengen tahu rasanya.

 johorbahru_pariss_hotel_suasana

Kami menuju Legoland menggunakan taxi yang sebelumnya kami pesan di hotel, kurang lebih 15 MYR dari hotel kami.

Legoland merupakan tempat permainan yang semuanya dibentuk mirip dengan Lego.Kawasan ini terbagi menjadi 6 area permainan, yaitu : Lego Technic, Lego Kingdom, Imagination, Land Of Adventure, Miniland dan Lego City. Info lengkap legoland dapat anda lihat di http://www.legoland.com.my

Setelah anda masuk dari pintu gerbang, tepatnya di area The Beginning kalau anda lihat di Map Legoland, anda dapat berfoto dengan maskot di sini, bila anda sendirian tidak usah bingung cari orang yang mengfotokan, karena ada petugas yang akan membantu anda untuk berfoto.

 johorbahru_legoland_thebeginning

Dari The Beginning, kalau anda menuju ke kiri, anda akan menuju Lego Technic. Lego Technic terdiri dari Lego Academy dimana anak-anak bisa merangkai lego disini, dan yang senang dengan robotic bisa mencoba di Lego Mindstroms, permainan Technic Twister yang akan membuat kita duduk sambil diputar-putar, ada juga roller coster Project X yang cukup mendebarkan , serta terakhir Aquazone Wave Racers semacam perang-perangan air, cukup seru karena ini perang antara pemain dengan pengunjung yang lain disekitar area permainan ini. Pengunjung sekitar dapat menekan bomb sehingga bisa meledak sewaktu pemain lewat, sebaliknya pemain bisa menembakkan air dari kendaraan yang ditumpanginya, jadi siap-siap berbasah-basah ria kalau bermain permainan ini.

 johorbahru_legoland_lego_technic

Setelah Lego Technic anda akan menuju Lego Kingdom yang merupakan tempat permainan yang didesain mirip suasana kerajaan. Ada The Forestmen’s Hideout, Castle Stage, Dragon’s Apprentice yang merupakan roller coster yang didesain untuk anak-anak, anak-anak juga bisa mengendarai kuda di Royal Joust, disini anak-anak akan menaiki kuda-kudaan dan mengelilingi taman di area tersebut , serta menikmati putaran di Merlin’s Challenge, dan bagi yang lebih berani bisa naik semacam roller coster The Dragon.

 johorbahru_legoland_lego_kingdom

Setelah dari Lego Kingdom, anda dapat melanjutkan ke Imagination. Disini terdiri dari Build & Test, anak dapat merakit mobil-mobilan dan langsung mencobanya. DUPLO® Express merupakan mainan kereta-keretaan, Observation Tower, bangunan menara dimana anda dapat melihat sekililing anda 360 derajat, dan tentunya yang jangan dilewatkan LEGO® Studios 4D, anda dapat mengikuti petuangan 4D walaupun untuk melihat ini anda harus antri cukup lama. DUPLO® Playtown di tujukan anak-anak kecil agar mengenal lingkungan pertanian dan rumah sakit, dan Kids Power Tower, dimana kita adu cepat menuju ke atas, kita harus menarik rantai pada bangku yang kita tumpangi sampai ke atas sambil menjaga keseimbangan. Kami sendiri hanya sempat ke 4D, karena terbatasnya waktu dan harus antri yang cukup panjang, sebenarnya ini memang kesalahan kami sendiri yang memaksakan dalam sehari untuk pergi ke Legoland dan Hello Kitty Town. Jadi bagi anda yang merencanakan pergi ke Legoland, jangan sampai meniru rencana kami. Karena tidak mungkin mengunjungi Legoland dan Hello Kitty Town dalam sehari, khusus Legoland harus disediakan waktu satu hari sendiri, sedangkan untuk Hello Kitty Town mungkin bisa hanya ½ hari karena memang tempatnya tidak terlalu luas.

 johorbahru_legoland_lego_adventure

Dari Imagination anda bisa melanjutkan petualangan anda di Land of Adventure. Di Lost Kingdom, anda akan diajak keliling mengelilingi gua dengan suasana mesir dengan naik mobil-mobilan yang dilengkapi dengan senjata, yang harus ditembakkan ke benda-benda yang anda lewati. Karena benda-benda tersebut akan bergerak setelah ditembak. Ada juga Beetle Bounce, dimana anda duduk dan akan dibawa turun naik beberapa kali. Ada juga Pharaoh’s Revenge dan
Dino Island untuk yang bernyali untuk naik perahu yang meluncur dari ketinggian tertentu dengan cukup cepat dan tentunya harus berbasah-basah .

 johorbahru_legoland_imagination

Setelah puas bertualang, tempat tujuan selanjutnya adalah Lego City, ada Lego City Stage, dimana anda bisa menyaksikan pertunjukan seperti permainan balon dan sulap. Rescue Academy, permainan ini cukup seru karena anda ditugaskan untuk mengendarai mobil pemadan / polisi yang harus dijalankan oleh dua orang dengan menaikturunkan kemudi (seperti gerakan memompa). Tujuannya menuju bangunan yang terbakar, setelah sampai disana kita harus segera turun untuk memadamkan api pada bangunan tersebut, di sini lagi – lagi membutuhkan kerjasama karena harus ada yang memompa air, dan harus ada yang mengarahkan selang air ke bangunan yang terbakar (tentunya animasi terbakar), sampai apinya padam. Walaupun tidak mendapatkan hadiah, tetapi di tentukan siapa yang paling cepat memadamkan api dan kembali ke tempat start. Dan hore… kami mendapatkan urutan pertama. Ada juga The Shipyard dan Boating School dimana anda dapat bermain perahu-perahuan. LEGO® City Airport, anda dapat naik pesawat mainan yang diputar-putar. Ada juga Driving School, ada dua macam untuk junior dan anak-anak yang lebih besar. Khusus yang lebih besar akan dibuat seolah-olah anda di jalan raya, ada lampu lalu lintas juga. Nah permainan ini tampaknya cukup digemari, sehingga harus antri lebih lama disini. Terakhir ada LEGOLAND® Express, anda akan diajak naik kereta untuk mengelilingi legoland sambil melihat miniland.

 johorbahru_legoland_lego_city

Tentu bukan Legoland namanya kalau anda tidak menyaksikan hasil karya lego di sini, salahsatu kebanggaan Legoland adalah Miniland, di sini anda akan menyaksikan miniatur bangunan dari beberapa negara, tentunya bangunan petronas juga bisa dilihat di sini, ada juga lapangan terbang, taj mahal, dll. Menakjubkan semuanya terbuat dari Lego.

 johorbahru_legoland_miniland

Supaya ga terlalu panjang, ceritanya kami bagi menjadi dua bagian, nanti akan kami lanjutkan cerita di Hello Kitty Town dan suasana di Meldrum.

Untuk menuju legoland, memang paling mudah naik taxi. Memang ada beberapa bus yang menuju ke sana, seperti dari JPO ke Legoland, dari Singapore menuju ke Legoland, namun untuk ke lokal Johor sendiri belum tentu semua tempat ada, kecuali anda menuju ke terminal bus yang lain seperti Larkin.

Legoland Malaysia
LL Malaysia Taman Tema Sdn Bhd
7 Jalan LEGOLAND
Bandar Medini Iskandar Malaysia
79250, Nusajaya,
Johor Darul Takzim,
Malaysia

Buka : 10:00 – 18:00

GPS Coordinate (sesuai yang tercantum di website)

Degrees, Minutes, & Seconds: 1º 25’ 38″ N 103º 37’ 47″ E
Decimal Degrees: 1.427361, 103.62987
GPS: N 1 25.642, E 103 37.792

Bagi pengguna Blackberry, berikut ini beberapa lokasi yang kami kunjungi, anda bisa langsung menggunakan link Blackberry Map dibawah ini :
< Copy link ini dan emailkan ke alamat email di blackberry anda, anda tinggal mengklik link tersebut yang telah anda terima melalui email maka Maps Blackberry anda akan langsung terarah di lokasi yang dimaksud) http://maps.BlackBerry.com?lat=1.42613&lon=103.62936&z=4&label=Legoland&address=Jalan+Legoland,+Bandar+Medini,,+Nusajaya+Malaysia&city=Nusajaya&region=Johor&country=Malaysia  johorbahru_legoland_maps

Pariss Hotel
38 Jalan Bestari 7/2
Taman Nusa Bestari
81300 Skudai
Johor, Malaysia

http://maps.BlackBerry.com?lat=1.47887&lon=103.66800&z=0&label=Pariss+Hotel&address=Taman+Nusa+Bestari+Johor+Bahru&country=Malaysia

 johorbahru_pariss_hotel_map


Paon Mak Mo, Kuliner

Makan gurami goreng, gurami bakar sudah jamak. Dimana-mana mudah dijumpai, ...

DE'SO, Ayam Asap End

Tabanan salah satu kota di Bali ternyata menyimpan satu kuliner ...

Menyisir keindahan d

Pantai Kukup Setelah dari Pantai Baron kami melanjutkan perjalanan ke pantai ...

Pesona Alam Gunung K

Pesona Gunung Kidul tidak sekedar dari kulinernya khas seperti walang ...

Pesona kuliner Madiu

Kalau anda pergi ke Madiun, pasti anda akan langsung teringat ...