Pesona Negeri

Biker, Traveller, Culinary, and Photography

Facebook
RSS

Waktu kami berkunjung ke Solo, kami cukup penasaran dengan apa yang dinamakan sate buntel? Apa bedanya dengan sate biasa? Namun beberapa kali kami kurang beruntung karena tempatnya masih tutup. Akhirnya beberapa waktu lalu kami berhasil mewujudkan keinginan kami untuk menikmati sate buntel tersebut, kami mengunjungi sebuah tempat makan yang berada di jalan Sutan Syahrir (Tambak Segaran) yaitu sate buntel Tambak Segaran.

Sate buntel merupakan makanan khas kreasi Solo, biasanya terbuat dari daging kambing, namun berbeda dengan sate kambing biasa yang dagingnya dipotong kecil-kecil kemudian ditusuki dengan tusuk sate (sujen). Kalau sate buntel, dagingnya di cincang dulu, lalu dibungkus (dalam bahasa jawa, bungkus = buntel) dengan lemak tipis dan diberi sujen (biasanya lebih dari satu) sebagai pegangan sewaktu memanggang.

 solo_sate_buntel_tambak_segaran_suasana

Setelah beberapa saat dipanggang, sate akan dibelah kemudian dipanggang lagi, hal ini dilakukan agar daging yang di dalam juga ikut matang, maklum satenya kan cukup tebal.

 solo_sate_buntel_tambak_segaran_belah

Sewaktu disajikan, tusuk satenya dilepas, kemudian ditambahkan acar dan bawang merah. Untuk rasanya jangan tanya deh, nikmat sekali, apalagi karena sudah dicincang, jadi tidak bakalan menemui daging yang sulit dikunyah.

 solo_sate_buntel_tambak_segaran_kambing

Di sebelah warung ini juga ada penjual sate buntel lain, tapi yang ini khusus bagi yang tidak punya pantangan dengan babi, karena sate buntel yang disajikan menggunakan daging babi. Jadi kalau anda berada di tempat ini bisa memilih mau yang mana, kalau mau pesan sate buntel babi dan dibawa ke warung ini juga diperkenankan asal kita juga pesan makanan di tempat ini he he he.

 solo_sate_buntel_tambak_segaran_babi

Untuk menuju tempat ini, kalau dari Jalan Slamet Riyadi, anda lurus saja sampai melewati hotel Best Western, kemudian belok kiri (lurus ke Pusat Grosir, kanan ke Pasar Klewer), menuju ke jalan Urip Sumoharjdo, sebelum toko Roti Orion, anda belok ke kiri dan jalan ini merupakan jalan Sutan Syahir / Tambak Segaran.

Sate Kambing Tambak Segaran
Jl. Tambak Segaran 39 ( Jl. Sutan Syahrir 149)
Solo – Indonesia
Telp : 0852 934 18580
Buka : 12:00 – 22:00 WIB

Cabang :
Jl. Brigjen Katamso 192, Yogyakarta

Bagi anda pengguna google map, silakan menggunakan link berikut :

https://maps.google.co.id/maps?q=-7.56404,110.82669%20(Sate Buntel Tambak Segaran)


View Larger Map

One Response so far.

  1. Rudi says:

    Menu khas Tegal juga ga kalah enak kok.. Cobain datang ke resto Sate Tegal Marem, Jl. Dr. Setiabudhi 136 Bandung . Ga akan nyesel deh. Sate kambing mudanya belum ada yang ngalahin loh.


Paon Mak Mo, Kuliner

Makan gurami goreng, gurami bakar sudah jamak. Dimana-mana mudah dijumpai, ...

DE'SO, Ayam Asap End

Tabanan salah satu kota di Bali ternyata menyimpan satu kuliner ...

Menyisir keindahan d

Pantai Kukup Setelah dari Pantai Baron kami melanjutkan perjalanan ke pantai ...

Pesona Alam Gunung K

Pesona Gunung Kidul tidak sekedar dari kulinernya khas seperti walang ...

Pesona kuliner Madiu

Kalau anda pergi ke Madiun, pasti anda akan langsung teringat ...